Layani Pasar E-commerce Asia Tenggara, GreyOrange Implementasikan Sistem Sorter ke-50 di Pos Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 September 2017 - 12:22 WIB

GreyOrange Sorters yang dipasang di lokasi pelanggan di seluruh Asia dan Amerika Latin
GreyOrange Sorters yang dipasang di lokasi pelanggan di seluruh Asia dan Amerika Latin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Otomatisasi dan Robotik GreyOrange mengumumkan telah mengimplementasikan Sortation System canggih berkinerja tinggi ke-50 untuk PT Pos Indonesia, perusahaan pos nasional yang mendistribusikan paket dan surat ke seluruh Indonesia, pasar e-commerce dengan pertumbuhan terbesar dan tercepat di Asia Tenggara.

Pasar e-commerce terbesar ke-3 di dunia –setelah China dan India—ini memiliki pertumbuhan pesat yang diproyeksikan mencapai US$130 miliar pada tahun 2020.

Perusahaan yang berkantor pusat di Singapura, diakui sebagai salah satu dari 50 Perusahaan Robotika Top Dunia oleh Robotics Business Review. Perusahaan ini juga dikenal ahli dalam merancang, membuat dan menerapkan sistem robotika dan otomatisasi canggih untuk pusat distribusi dan pemenuhan pesanan pelanggan.

Gilarsi W. Setijono, CEO PT Pos Indonesia, mengatakan, pertumbuhan ritel dan e-commerce di Indonesia sangat fenomenal. Inilah saat yang tepat bagi industri logistik untuk mengadopsi teknologi terbaru. Meningkatnya permintaan akan pemenuhan dan pengiriman surat dan paket - yang menuntut efisiensi, akurasi dan ketelusuran yang lebih tinggi - telah berkembang dengan stabil.

"Kami membutuhkan sistem sortasi yang memungkinkan penanganan volume yang lebih besar sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan akan pengiriman di hari yang sama atau hari berikutnya secara akurat dan efisien. Sistem sortasi GreyOrange memungkinkan kami melakukan hal tersebut." ungkapnya melalui keterangan resmi kepada INDUSTRY.co.id yang diterima, Selasa (26/9/2017).

CEO GreyOrange Asia-Pacific, Nalin Advani mengatakan, sistem sortasi ini adalah instalasi ke-50 kami secara global dalam waktu kurang dari empat tahun dan sangat spesial.

""Kami bangga dapat bekerja sama dengan tim di Pos Indonesia dalam merancang dan menerapkan sistem sortasi yang unik untuk kebutuhan Indonesia, guna memberikan ketepatan waktu dan efisiensi tertinggi." kata Nalin.

GreyOrange Linear Sorter, yang terdiri dari software canggih dan sistem sortir berkecepatan tinggi, telah diuji coba pada berbagai macam aplikasi untuk menangani sortasi yang memiliki volume besar.

Dalam waktu tiga tahun setelah diperkenalkan, pelanggan di industri e-commerce, consumer goods, pakaian jadi dan ritel telah mengaplikasikan sistem sortasi ini di seluruh Asia dan Amerika Latin.

Direktur Paket dan Surat PT Pos Indonesia, Agus F. Handoyo mengatakan, sistem sortasi ini sudah disesuaikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teknologi.

"Pertama, hasil digitalisasi end-to-end dalam sistem yang terintegrasi secara mulus dengan data yang digunakan oleh pengirim, perusahaan e-commerce, dan pelanggan kami. Mulai dari membaca barcode untuk mengetahui berat kotor dan volumetrik serta gambar digital, yang mampu mempercepat dan memudahkan proses penelusuran. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam hal akurasi pengiriman."katanya.

Mengingat tingginya biaya logistik untuk pengembalian paket, terutama di wilayah Indonesia yang lokasinya tersebar di 17.000 pulau, mengantarkan lebih banyak paket ke tempat tujuannya dengan benar adalah hal yang sangat penting.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…