Pemanfaatan SDA Butuh Pendanaan Asing

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 September 2017 - 10:41 WIB

Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar
Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar

INDUSTRY.co.id - Sumbawa Besar- Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengatakan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia butuh tenaga manusia, teknologi dan pendanaan dari bangsa lain.

"Pendanaan pengelolaan SDA kalau bisa berasal dari negeri sendiri, tapi kenyataannya kita masih membutuhkan dari asing karena besarnya risiko untuk penelitian pemanfaatan SDA," kata Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Arcandra Tahar, di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Senin (25/9/2017)

Hal itu dikatakan ketika memberikan pencerahan kepada civitas akademika dan ratusan mahasiswa baru Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang mengikuti masa orientasi pengenalan kampus.

Menurut dia, kesenjangan kualitas sumber daya manusia (SDM), teknologi dan pendanaan untuk pemanfaatan SDA harus ditutupi, meskipun harus memanfatkan sumber dari luar negeri.

Untuk itu, Arcandra mengajak semua pihak untuk tidak lagi berpikir secara emosional bahwa bangsa Indonesia bisa melakukan pemanfaatan SDA sendiri, tanpa melihat fakta kesenjangan yang terjadi saat ini.

"Harapan saya, semoga kita semua bisa benar-benar paham bahwa pengelolaan SDA membutuhkan SDM dari bangsa lain. Nantinya cita-cita bangsa kita sendiri mampu mengelola, tapi untuk 'gap' yang ada, mari sama-sama membuka diri bahwa kita membutuhkan teknologi, pendanaan, 'human resources' dari bangsa lain," ujarnya.

Ia juga mengajak civitas akademika dan mahasiswa UTS untuk melakukan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kebutuhan dunia industri, bukan lagi melakukan penelitian yang berakhir di atas kertas. (Ant)<>  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO (Foto Herlambang)

Selasa, 18 September 2018 - 19:50 WIB

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO

Anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro kembali menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dirut BRI Suprajarto dan CEO Lippo Group James T Riady, (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 18 September 2018 - 19:45 WIB

Bank BRI-Siloam Hospitals Perkuat Layanan Perbankan dan Layanan Kesehatan

Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk untuk meningkatkan layanan jasa perbankan kepada para nasabahnya terus dilakukan. Kali ini Bank BRI menggandeng PT. Siloam International Hospitals,…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 September 2018 - 18:30 WIB

Rupiah Selasa Sore Menguat Menjadi Rp14.867

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore bergerak menguat sebesar 13 poin menjadi Rp14.867 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.880 per dolar AS.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Pengembangan Industri Pariwisata, Qatar Investasi 100 Juta Dolar di Indonesia

Pemerintah Qatar telah melakukan investasi 100 juta dolar AS untuk pengembangan industri pariwisata di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hadiri 1st ASEAN - Republic of Korea Infrastructure Ministers' Meeting

Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Hadiri Pertemuan Menteri Infrastruktur ASEAN dan Korea, Menteri Basuki Sampaikan Perkembangan Ekonomi Indonesia

Dalam pertemuan bilateral antara Menteri Basuki dengan Menteri MOLIT Korea Kim Hyun Mee dibahas kerjasama di bidang infrastruktur PUPR yakni progres Bendungan Karian, proyek saluran pembawa…