Bank BUMN Berencana Pangkas Bunga Spesial Deposito

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 September 2017 - 07:21 WIB

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Bank Mandiri Santuni 21 Ribu Anak Yatim. (Foto Rizki Meirino)
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Bank Mandiri Santuni 21 Ribu Anak Yatim. (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Himpunan Bank-Bank Negara atau Himbara berencana menurunkan suku bunga deposito "special rate" bertahap menjadi 6,35 persen dari yang saat ini rata-rata berlaku pada 6,75 persen, kata Anggota Himbara Kartika Wirjoatmodjo.

"Kami sudah bertahap ke arah itu, bahkan bisa lebih cepat dari akhir tahun ini (untuk mencapai 6,35 persen)," kata Tiko, sapaan akrab Kartika, yang juga Direktur Umum PT Bank Mandiri Persero Tbk di Plaza Bapindo, Jakarta, Senin (25/9/2017)

Himbara terdiri dari empat bank yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah, yakni PT Bank Mandiri Persero Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk.

Tiko mengatakan penurunan bunga spesial deposito ini akan berdampak besar untuk biaya dana (cost of fund) yang dikeluarkan bank. Khusus bagi Bank Mandiri, biaya dana diharapkan lebih mengendur, pasalnya sebanyak 80 persen dana deposan saat ini diganjar "special rate".

"Ini akan besar sekali meskipun 'special rate'. Di kita saja 80 persen 'special rate'," ujar dia.

Tiko mengatakan memang belum ada kesepakatan resmi antara anggota Himbara untuk menurunkan suku bunga deposito spesial. Namun, masing-masing bank Himbara sudah bertahap menurunkan bunga deposito untuk meringankan biaya dana, yang nantinya dapat juga menurunkan bunga kredit.

"Belum diketok mulai kapan. Tapi kalau akhir tahun mungkin lebih 'early'," ujarnya.

Tiko mengatakan penurunan suku bunga deposito spesial memang masih menjadi tantangan bagi perbankan untuk mempercepat penurunan suku bunga kredit. Meskipun suku bunga acuan Bank Indonesia, 7-Day Reverse Repo Rate" sejak awal 2016 sudah turun 175 basis poin, namun kata Tiko, penurunan suku bunga deposito spesial masih jauh dari optimal.

"Suku bunga dana ini memang yang masih challenging, seharusnya memang otomatis turun," ujar dia.

Menurut Tiko, penurunan biaya dana dari rendahnya bunga deposito itu akan turut mempercepat penurunan bunga kredit. Sejak awal tahun hingga pertengahan September 2017, suku bunga kredit Mandiri rata-rata baru turun 100 basis poin.

Saat ini, kata Tiko, suku bunga kredit untuk korporasi dan konsumer sudah satu digit di bawah 10 persen. Sedangkan suku bunga untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih di atas 10 persen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…