Kunjungi TBBM Badas, Arcandra Bahas Konverter Kit dan BBM Satu Harga

Oleh : Ridwan | Senin, 25 September 2017 - 18:29 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar Saat mengunjungi erminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas, NTB
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar Saat mengunjungi erminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas, NTB

INDUSTRY.co.id - Sumbawa, Dalam kunjungan kerjanya di Sumbawa, Nusa Tenggara barat (NTB) Minggu (24/9/2017), Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerja ke fasilitas Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas yang berlokasi di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda kerja Wamen Arcandra di Sumbawa, setelah sebelumnya mengunjungi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sumbawa kapasitas 50 Mega Watt.

Ketersediaan akses energi bahan bakar minyak dan listrik di Pulau Sumbawa sangat penting. Terutama dalam menunjang potensi ekonomi dan pariwisata di daerah Sumbawa. Dengan akses energi yang terjamin diharapkan dapat menarik investasi. Oleh karenanya kunjungan Wamen Arcandra ini salah satunya adalah dalam rangka menyerap aspirasi dan hambatan yang mungkin timbul terkait upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi.

Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi nasional adalah melalui pelaksanaan program konveter kit (konkit) BBM ke BBG untuk nelayan. "Program kita sebisa mungkin konversi dari BBM menjadi gas. Kita harapkan ke masyarakat bisa menggunakan lebih banyak (gas) dari pada BBM, karena kita kaya gas," ujar Arcandra.

Untuk tahun ini program konverter kit telah berjalan di beberapa daerah dengan target sekitar 16.000 unit konverter kit yang akan dibagikan kepada nelayan kecil. Sementara untuk di daerah Sumbawa tahun ini belum ada. Sumbawa sudah diproyeksikan menjadi daerah penerima manfaat konverter kit di tahun depan. "Dilihat dari datanya, (Sumbawa) akan ada (konverter kit) di 2018 nanti ya," ujar Arcandra.

Menyinggung pelaksanaan BBM Satu Harga di daerah yang terkendala transportasi, Arcandra mengatakan bahwa pemerintah bersama Pertamina terus melakukan upaya guna mempersingkat waktu distribusi. "Kendala ada di dermaga, (waktu) tunggu antrian yang lama, itu juga Pertamina sedang berusaha, untuk waktu yang begitu lama di dermaga ini kita stream lining," jelasnya.

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas merupakan Terminal BBM yang melayani distribusi BBM di Kab. Sumbawa, Kab. Sumbawa Barat serta Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertalite dan Pertamax untuk Pulau Sumbawa.

Pasokan BBM di terminal ini diperoleh dari TBBM Surabaya, Manggis dan Tanjungwangi. Jika terjadi kondisi stok BBM yang menipis dapat dipasok dari Bima atau Kupang. Area distribusi TBBM Badas mencakup 12 SPBU, dan industri yang tersebar di Pulau Sumbawa bagian barat dan Sumbawa Besar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.