Sunset Trail Run Tanjung Lesung, Ajang Pemanasan Jelang Asian Games

Oleh : Irvan AF | Minggu, 24 September 2017 - 07:43 WIB

Peserta Sunset Trail Run Tanjung Lesung 2017 saat start, Sabtu (23/9/2017). (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Peserta Sunset Trail Run Tanjung Lesung 2017 saat start, Sabtu (23/9/2017). (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id, Tanjugn Lesung - Kejuaraan lari Sunset Trail Run (STR) 2017 di Tanjung Lesung, Padeglang, Banten, Sabtu menjadi ajang pemanasan bagi sebagian peserta sebelum turun pada ujicoba (test event) Asian Games 2018 Jakarta.

 Salah satu peserta yang memanfaatkan kejuaraan STR sebagai ajang pemanasan adalah atlet pelatda Jawa Barat, Saepul Rahman. Pada kejuaraan yang baru pertama kali digelar ini, atlet muda ini turun di nomor open man dan menjadi yang terbaik.

 Berlari di lintasan yang menantang, atlet pelatda itu mampu membukukan catatan waktu satu jam lima menit 22 detik untuk menempuh jarak kurang lebih 16 km.

Disusul Jumardi dengan waktu satu jam lima menit 45 detik dan Junaedi dengan waktu satu jam delapan menit tujuh detik.

 "Benar. Disini saya jadikan persiapan umum jelang turun di Panglima Open dan Indonesia Open sebagai test event Asian Games 2018. Ini semua sesuai program pelatih (Gede Karangasem)," kata Saepul usai menyelesaikan perlombaan di Tanjung Lesung, Sabtu (23/9/2017).

 Menurut dia, STR yang berlangsung di tepi pantai Tanjung Lesung itu sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan dan kecepatan.

Namun, selama kejuaraan dirinya harus berhati-hati mengingat kondisi lintasan yang banyak dipenuhi dengan pecahan karang.

 "Ini bagian dari ujian untuk endurance dan speed saja. Selama lari, saya harus terus lihat ke bawah melihat trek karena jalannya sempit. Kalau tidak takut bablas dan bisa jatuh," katanya menambahkan.

 Selain ajang pemanasan untuk test event Asian Games 2018, STR 2017 juga dijadikan beberapa peserta untuk pemanasan menuju Borobudur Marathon yang akan digelar November nanti. Banyak mantan atlet nasional yang memanfaatkan kegiatan yang pelaksanaannya bersamaan dengan Festival Tanjung Lesung itu.

 Mantan atlet nasional yang turut menyemarakkan STR diantaranya atlet marathon yang membela Indonesia pada SEA Games 1995, Suyono. Pelari berusia 50 tahun itu bahkan sukses menjadi yang tercepat pada nomor master putra dengan waktu satu jam 13 detik 26 detik.

 "Kondisi treknya lumayan, sunset-nya panas sekali, tapi terbayar dengan pemandangan bagus jadi kita bisa lari sambil menikmatinya," katanya kepada media.

 Mantan atlet nasional lain yang turun di STR 2017 adalah Helda Napitupulu di kategori Master Women. Peraih medali perunggu SEA Games 1997 Jakarta itu juga menjadi yang tercepat dengan menyelesaikan waktu satu jam 34 menit 33 detik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…