Gebu Minang Memperkuat Perkembangan Sosial Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 September 2017 - 10:00 WIB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minangkabau mampu memperkuat perkembangan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di tengah masyarakat.

"Pengurus Gebu Minangkabau ini diisi orang-orang penting seperti ninik mamak, bundo kanduang, dan alim ulama sehingga cukup berpotensi meningkatkan moralitas masyarakat Minangkabau terutama di era berteknologi ini," katanya dalam pelantikan Pengurus Gebu Minangkabau DPW Sumbar di Padang, Sabtu malam (23/9/2017).

Menurutnya melalui Gebu Minang yang sudah ada sejak 24 Desember 1989 itu dibutuhkan oleh daerah untuk meningkatkan dan menjunjung nilai adat dan budaya yang mulai tergerus oleh kemajuan teknologi.
 

Kemajuan teknologi, ujarnya sangat berpotensi merusak moral dan nilai adat jika penggunaannya tidak disaring dan secara positif.

"Akan banyak dampak dari kemajuan teknologi, terutama media sosial akan menggerus norma-norma adat terutama di kalangan anak muda," sebutnya.

Ia mengharapkan hal itu tidak hanya di daerah Sumbar saja, namun juga diterapkan di tanah rantau sehingga rakyat Minangkabau tidak lupa dengan identitas dan jati dirinya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…