Gebu Minang Memperkuat Perkembangan Sosial Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 September 2017 - 10:00 WIB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minangkabau mampu memperkuat perkembangan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di tengah masyarakat.

"Pengurus Gebu Minangkabau ini diisi orang-orang penting seperti ninik mamak, bundo kanduang, dan alim ulama sehingga cukup berpotensi meningkatkan moralitas masyarakat Minangkabau terutama di era berteknologi ini," katanya dalam pelantikan Pengurus Gebu Minangkabau DPW Sumbar di Padang, Sabtu malam (23/9/2017).

Menurutnya melalui Gebu Minang yang sudah ada sejak 24 Desember 1989 itu dibutuhkan oleh daerah untuk meningkatkan dan menjunjung nilai adat dan budaya yang mulai tergerus oleh kemajuan teknologi.
 

Kemajuan teknologi, ujarnya sangat berpotensi merusak moral dan nilai adat jika penggunaannya tidak disaring dan secara positif.

"Akan banyak dampak dari kemajuan teknologi, terutama media sosial akan menggerus norma-norma adat terutama di kalangan anak muda," sebutnya.

Ia mengharapkan hal itu tidak hanya di daerah Sumbar saja, namun juga diterapkan di tanah rantau sehingga rakyat Minangkabau tidak lupa dengan identitas dan jati dirinya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…