Gebu Minang Memperkuat Perkembangan Sosial Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 September 2017 - 10:00 WIB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minangkabau mampu memperkuat perkembangan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di tengah masyarakat.

"Pengurus Gebu Minangkabau ini diisi orang-orang penting seperti ninik mamak, bundo kanduang, dan alim ulama sehingga cukup berpotensi meningkatkan moralitas masyarakat Minangkabau terutama di era berteknologi ini," katanya dalam pelantikan Pengurus Gebu Minangkabau DPW Sumbar di Padang, Sabtu malam (23/9/2017).

Menurutnya melalui Gebu Minang yang sudah ada sejak 24 Desember 1989 itu dibutuhkan oleh daerah untuk meningkatkan dan menjunjung nilai adat dan budaya yang mulai tergerus oleh kemajuan teknologi.
 

Kemajuan teknologi, ujarnya sangat berpotensi merusak moral dan nilai adat jika penggunaannya tidak disaring dan secara positif.

"Akan banyak dampak dari kemajuan teknologi, terutama media sosial akan menggerus norma-norma adat terutama di kalangan anak muda," sebutnya.

Ia mengharapkan hal itu tidak hanya di daerah Sumbar saja, namun juga diterapkan di tanah rantau sehingga rakyat Minangkabau tidak lupa dengan identitas dan jati dirinya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).