Gebu Minang Memperkuat Perkembangan Sosial Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 September 2017 - 10:00 WIB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minangkabau mampu memperkuat perkembangan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di tengah masyarakat.

"Pengurus Gebu Minangkabau ini diisi orang-orang penting seperti ninik mamak, bundo kanduang, dan alim ulama sehingga cukup berpotensi meningkatkan moralitas masyarakat Minangkabau terutama di era berteknologi ini," katanya dalam pelantikan Pengurus Gebu Minangkabau DPW Sumbar di Padang, Sabtu malam (23/9/2017).

Menurutnya melalui Gebu Minang yang sudah ada sejak 24 Desember 1989 itu dibutuhkan oleh daerah untuk meningkatkan dan menjunjung nilai adat dan budaya yang mulai tergerus oleh kemajuan teknologi.
 

Kemajuan teknologi, ujarnya sangat berpotensi merusak moral dan nilai adat jika penggunaannya tidak disaring dan secara positif.

"Akan banyak dampak dari kemajuan teknologi, terutama media sosial akan menggerus norma-norma adat terutama di kalangan anak muda," sebutnya.

Ia mengharapkan hal itu tidak hanya di daerah Sumbar saja, namun juga diterapkan di tanah rantau sehingga rakyat Minangkabau tidak lupa dengan identitas dan jati dirinya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…