XC Marathon Tanjung Lesung Ajang Pencarian Pebalap Sepeda

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 23 September 2017 - 04:11 WIB

Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)
Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Tanjung Lesung - Kejuaraan sepeda gunung marathon Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (23/9) yang menjadi ajang prestasi pebalap profesional akan dijadikan wadah pencarian pebalap muda potensial dari daerah.

Direktur perlombaan XC Marathon Tanjung Lesung, Taufik Hidayat di Pandeglang, Jumat (22/9/2017), mengatakan XC marathon yang digelar di salah satu destinasi wisata dan Banten ini merupakan yang pertama digelar di Pulau Jawa. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Bali.

"Sesuai aturan UCI jarak XC marathon adalah 63 km. Untuk di Tanjung Lesung jaraknya 64 km yang terbagi atas empat putaran dan masing-masing putaran sejauh 16 km," kata di sela persiapan balapan.

Menurut dia, pada kejuaraan ini memang banyak kategori yang dilombakan dan salah satunya adalah men open. Kategori ini dikhususkan untuk atlet berusia 15-29 tahun dan belum terdaftarkan pada Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dalam semua tingkatan.

Selain itu ada kategori men elite yang merupakan kategori yang dikhususkan untuk atlet yang telah terdaftar di ISSI. Disinilah atlet-atlet nasional akan bersaing menjadi yang terbaik. Tidaknya hanya atlet putra, pihak panitia juga membuka kelas khusus yaitu open women.

"Yang cukup seru di men open karena disinilah banyak pebalap potensial yang akan bersaing. Semoga di Tanjung Lesung ini mampu melahirkan pebalap-pebalap mudah potensial," katanya menambahkan.

 Terkait dengan rute, Taufik menjelaskan jika tantangan akan menghadang semua peserta karena lintasan yang dilalui cenderung datar. Hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi peserta karena untuk mengatasi lintasan ini membutuhkan tenaga ekstra.

"Lintasan flat itu akan minim recovery. Beda dengan turunan yang kita tidak perlu gowes. Flat lebih berat. Kalau gak gowes kita akan berhenti," katanya menegaskan.

Selain XC marathon, Festival Tanjung Lesung ini juga dimeriahkan dengan Rhino X Triathlon. Beberapa atlet nasional dipastikan turun yang diantaranya adalah Adi Achmad Sukardi. Kegiatan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

"Saya dengar lintasan memang cukup berat. Tapi saya tidak ada persiapan khusus untuk turun disini. Saya akan berusaha menjadi yang terbaik. Itu target saya," kata Adi saat dikonfirmasi di lokasi perlombaan.

Lintasan Rhino X Triathlon yang mempertandingkan renang, lari dan bersepeda ini memang cukup berat. Khusus untuk lari dan bersepeda, lintasan yang dilalui banyak yang berpasir dan tanah keras maupun pecahan karang. Cuaca panas juga akan menjadi tantangan yang harus dihadapi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Senin, 17 Desember 2018 - 09:05 WIB

Badan Otorita Borobudur Kembangkan Pariwisata Joglosemar

Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pengembangan kawasan Borobudur terus dilakukan Kementerian Pariwisata. Pengembangan juga dilakukan di daerah penunjang, Jogja-Solo-Semarang…

Mochtar Riady pendiri Lippo Group (Foto Industry.co.id)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:00 WIB

Rahasia Sukses Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady

Pengusaha yang juga pendiri Lippo Group, Mochtar Riady kembali menjelaskan strategi Sun Tzu atau seni perang yang menjadi latar belakang keberhasilan mengembangkan bisnisnya sampai saat ini.…

Direktur Independen PT Metro Realty Tbk, Sukardi, (kanan) bersama Direktur, Arif Tamin, (kiri) (Foto Abe)

Senin, 17 Desember 2018 - 08:16 WIB

Hingga Akhir 2018, Pendapatan Metro Realty Diharapkan Mencapai Rp27 Miliar

Pendapatan PT Metro Realty Tbk (MTSM), salah satu emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di sektor properti, khususnya gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan, ditargetkan mencapai…

Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)

Senin, 17 Desember 2018 - 08:00 WIB

Peluang Masih Terbuka Bagi Pengusaha Korea Beriinvestasi

Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengundang kalangan pengusaha Korea Selatan lebih aktif berinvestasi di Indonesia, karena tersedia banyak peluang.

Pembangunan jalan tol (Ist)

Senin, 17 Desember 2018 - 07:31 WIB

Tol Palembang-Lampung Juni 2019 Bisa Dilalui

Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung diperkirakan akan terhubung pada Juni 2019 sehingga dapat memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan antarprovinsi tersebut.