XC Marathon Tanjung Lesung Ajang Pencarian Pebalap Sepeda

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 23 September 2017 - 04:11 WIB

Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)
Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Tanjung Lesung - Kejuaraan sepeda gunung marathon Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (23/9) yang menjadi ajang prestasi pebalap profesional akan dijadikan wadah pencarian pebalap muda potensial dari daerah.

Direktur perlombaan XC Marathon Tanjung Lesung, Taufik Hidayat di Pandeglang, Jumat (22/9/2017), mengatakan XC marathon yang digelar di salah satu destinasi wisata dan Banten ini merupakan yang pertama digelar di Pulau Jawa. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Bali.

"Sesuai aturan UCI jarak XC marathon adalah 63 km. Untuk di Tanjung Lesung jaraknya 64 km yang terbagi atas empat putaran dan masing-masing putaran sejauh 16 km," kata di sela persiapan balapan.

Menurut dia, pada kejuaraan ini memang banyak kategori yang dilombakan dan salah satunya adalah men open. Kategori ini dikhususkan untuk atlet berusia 15-29 tahun dan belum terdaftarkan pada Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dalam semua tingkatan.

Selain itu ada kategori men elite yang merupakan kategori yang dikhususkan untuk atlet yang telah terdaftar di ISSI. Disinilah atlet-atlet nasional akan bersaing menjadi yang terbaik. Tidaknya hanya atlet putra, pihak panitia juga membuka kelas khusus yaitu open women.

"Yang cukup seru di men open karena disinilah banyak pebalap potensial yang akan bersaing. Semoga di Tanjung Lesung ini mampu melahirkan pebalap-pebalap mudah potensial," katanya menambahkan.

 Terkait dengan rute, Taufik menjelaskan jika tantangan akan menghadang semua peserta karena lintasan yang dilalui cenderung datar. Hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi peserta karena untuk mengatasi lintasan ini membutuhkan tenaga ekstra.

"Lintasan flat itu akan minim recovery. Beda dengan turunan yang kita tidak perlu gowes. Flat lebih berat. Kalau gak gowes kita akan berhenti," katanya menegaskan.

Selain XC marathon, Festival Tanjung Lesung ini juga dimeriahkan dengan Rhino X Triathlon. Beberapa atlet nasional dipastikan turun yang diantaranya adalah Adi Achmad Sukardi. Kegiatan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

"Saya dengar lintasan memang cukup berat. Tapi saya tidak ada persiapan khusus untuk turun disini. Saya akan berusaha menjadi yang terbaik. Itu target saya," kata Adi saat dikonfirmasi di lokasi perlombaan.

Lintasan Rhino X Triathlon yang mempertandingkan renang, lari dan bersepeda ini memang cukup berat. Khusus untuk lari dan bersepeda, lintasan yang dilalui banyak yang berpasir dan tanah keras maupun pecahan karang. Cuaca panas juga akan menjadi tantangan yang harus dihadapi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…