XC Marathon Tanjung Lesung Ajang Pencarian Pebalap Sepeda

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 23 September 2017 - 04:11 WIB

Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)
Trek bersepeda cross country pada Rhino X Triathlon, di Tanjung Lesung, 23-24 September 2017. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Tanjung Lesung - Kejuaraan sepeda gunung marathon Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (23/9) yang menjadi ajang prestasi pebalap profesional akan dijadikan wadah pencarian pebalap muda potensial dari daerah.

Direktur perlombaan XC Marathon Tanjung Lesung, Taufik Hidayat di Pandeglang, Jumat (22/9/2017), mengatakan XC marathon yang digelar di salah satu destinasi wisata dan Banten ini merupakan yang pertama digelar di Pulau Jawa. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Bali.

"Sesuai aturan UCI jarak XC marathon adalah 63 km. Untuk di Tanjung Lesung jaraknya 64 km yang terbagi atas empat putaran dan masing-masing putaran sejauh 16 km," kata di sela persiapan balapan.

Menurut dia, pada kejuaraan ini memang banyak kategori yang dilombakan dan salah satunya adalah men open. Kategori ini dikhususkan untuk atlet berusia 15-29 tahun dan belum terdaftarkan pada Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dalam semua tingkatan.

Selain itu ada kategori men elite yang merupakan kategori yang dikhususkan untuk atlet yang telah terdaftar di ISSI. Disinilah atlet-atlet nasional akan bersaing menjadi yang terbaik. Tidaknya hanya atlet putra, pihak panitia juga membuka kelas khusus yaitu open women.

"Yang cukup seru di men open karena disinilah banyak pebalap potensial yang akan bersaing. Semoga di Tanjung Lesung ini mampu melahirkan pebalap-pebalap mudah potensial," katanya menambahkan.

 Terkait dengan rute, Taufik menjelaskan jika tantangan akan menghadang semua peserta karena lintasan yang dilalui cenderung datar. Hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi peserta karena untuk mengatasi lintasan ini membutuhkan tenaga ekstra.

"Lintasan flat itu akan minim recovery. Beda dengan turunan yang kita tidak perlu gowes. Flat lebih berat. Kalau gak gowes kita akan berhenti," katanya menegaskan.

Selain XC marathon, Festival Tanjung Lesung ini juga dimeriahkan dengan Rhino X Triathlon. Beberapa atlet nasional dipastikan turun yang diantaranya adalah Adi Achmad Sukardi. Kegiatan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

"Saya dengar lintasan memang cukup berat. Tapi saya tidak ada persiapan khusus untuk turun disini. Saya akan berusaha menjadi yang terbaik. Itu target saya," kata Adi saat dikonfirmasi di lokasi perlombaan.

Lintasan Rhino X Triathlon yang mempertandingkan renang, lari dan bersepeda ini memang cukup berat. Khusus untuk lari dan bersepeda, lintasan yang dilalui banyak yang berpasir dan tanah keras maupun pecahan karang. Cuaca panas juga akan menjadi tantangan yang harus dihadapi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.

Digital Technology Indonesia bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event tersebut mengusung tema Digital Transformation & Industry 4.0.

Selasa, 25 September 2018 - 11:23 WIB

Digitech Indonesia 2018, Ajang Kesiapan Industri Sambut Revolusi Industri 4.0

Sekira 200 perusahan di bidang teknologi dan informasi bakal memeriahkan ajang Digital Technology Indonesia yang bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event…