Rumah Sehat Parigi Moutong Siap Diresmikan Jokowi

Oleh : Irvan AF | Jumat, 22 September 2017 - 08:18 WIB

Rumah Sehat Baznas Parimo. (Foto: IST)
Rumah Sehat Baznas Parimo. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Parigi Moutong - Pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong (RSB Parimo), telah rampung. RSB senilai Rp 4,5 miliar yang didanai Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini, direncanakan akan diresmikan Presiden Jokowi pada Rabu, 27 September 2017.

BAZNAS merupakan lembaga pemerintah non-struktural yang salah satu tugasnya adalah pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Turut hadir, Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr. Dahlia Syuaib, Kepala RSB Indonesia (RSBI) dr. Meizi Fachrizal Achmad, M.Si dan Kabag Humas Pemkab Parimo, Syamsu.

"Mudah-mudahan RSB ini bisa diresmikan oleh Presiden RI. Karena masyarakat setempat sangat berterima kasih pada pemerintah sehingga menginginkan Bapak Jokowi bisa hadir di tengah-tengah mereka," ujar anggota BAZNAS Irsyadul Halim saat berkunjung ke RSB Parimo di Desa Siniu, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (20/9) lalu.

Menurut Irsyad, pembangunan fisik gedung sudah seratus persen tuntas. Sekarang tinggal pasang sarana  pelengkap seperti peralatan kesehatan (alkes), peranti elektronik dan furnitur. Semua sedang dalam perjalanan dan setting hanya butuh waktu satu-dua hari. "Bisa kita simpulkan bahwa semua sudah siap,” ujarnya.

Tak hanya ke RSB, Irsyad juga menyempatkan diri meninjau beberapa titik lokasi penerima manfaat program BAZNAS. Seperti Zakat Community Development (ZCD), bantuan 20 perahu untuk nelayan Desa Siniu dan Pelawa Baru, beasiswa pendidikan dari jenjang SD hingga perguruan tinggi, sarana belajar PAUD, alat pengolah dan bibit nilam serta mobil pemasaran batu bata untuk BMT Al Amin Palu.

Irsyad menjelaskan, pembangunan RSB ini merupakan proyek unggulan yang dipadukan dengan program penyaluran dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) BAZNAS.

Mantan Ketua Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PP Muhammadiyah (2010-2015) ini, menjelaskan, RSB Parimo merupakan yang keenam yang dibangun dan dikelola BAZNAS setelah RSB Pangkalpinang (Provinsi Bangka Belitung), RSB Masjid Agung Sunda Kelapa (Jakarta), RSB Yogyakarta (DIY), RSB Sidoarjo (Jawa Timur) dan RSB Makassar (Sulawesi Selatan).

RSB berukuran 853 meter ini, dibangun dua lantai di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. Dalam setahun ke depan, RSB Parimo diproyeksikan bisa melayani rawat inap dengan kapasitas 60 pasien.

Irsyad menambahkan, tujuan pembangunan RSB untuk memeratakan akses kesehatan dan pengobatan bagi warga tak mampu. "Ini untuk memberikan suatu pelayanan humanis dan profesional sebagai model pemberdayaan masyarakat yang efektif. Sekaligus jadi solusi yang reliabel dalam mengentaskan masalah-masalah sosial," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Parimo, Syamsu, menjelaskan, dalam perencanaan tata kota, kelak RSB juga berfungsi sebagai RS rujukan dan akan terintegrasi dengan pesantren, polsek serta dilengkapi gedung rehabilitasi narkoba.

Kepala RSBI dr. Meizi Fachrizal Achmad, M.Si mengatakan, pihaknya menjadwalkan pemasangan sarana prasarana pendukung seperti alkes, furnitur, alat elektronik, pada Kamis (21/9), sehingga visitasi bisa dilakukan Jumat (22/9).

“Visitasi adalah check list kelengkapan RSB level klinik pratama ini untuk mendapatkan izin operasional dari Dinas Kesehatan Kabupaten Parimo. Insya Allah, Senin (25/9) kita sudah bisa memperoleh surat izin operasional,” katanya.

Menurut dia, selain memonitor pembangunan fisik RSB, pada 25 Juli 2017, pihaknya bersama Pemkab Parigi Moutong telah menyeleksi dan merekrut 29 staf RSB Parimo. Para karyawan yang mulai bekerja pada Agustus lalu itu terdiri atas dokter umum, perawat, tim survei, tenaga administrasi, satpam dan cleaning service.

Sejak 27 Juli 2017, lanjut dr. Fachri, tim survei sudah aktif bekerja mendata calon anggota RSB dan menjaring 150 kepala keluarga mustahik. Dia membawa  tim yang beranggota enam ahli medis dan rumah sakit. "Insya Allah, kita tinggal di Parimo sampai acara peresmian selesai pada tanggal 27 September 2017 mendatang," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…