Realisasikan 1 Muharam dengan Perubahan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 September 2017 - 03:39 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Sosiolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Dr Ansari Yamamah mengatakan umat Islam di Indonesia harus mampu merealisasikan peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam dengan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

"Perubahan itulah yang menjadi subtansi hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW," kata Ansari di Medan, Kamis (21/9/2017)

Dalam kehidupan sosial, kata Ansari, setidaknya ada dua pola perubahan yang harus dilakukan umat Islam di Indonesia yang berkaitan dengan pola pikir.

Perubahan pertama berupa perubahan pola pikir dari konvensional menjadi modern dengan memadukan aspek dogmatis dengan unsur historis dan realistis.

Dengan demikian, kehidupan umat Islam Indonesia dalam bermasyarakat dan berbangsa tidak hanya atas pertimbangan dogma dan stigma, tetapi memperkayanya dengan logika dan sejarah.

Dengan pola itu, umat Islam di Indonesia dapat bersikap dengan pola pikir yang lebih terbuka dan tidak mudah dihasut dengan nilai-nilai yang melanggar norma. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:22 WIB

Dongkrak Daya Saing, Perusahaan Transportasi Minta Insentif Pajak dari Pemerintah

Perusahaan transportasi berharap adanya insentif pajak dari pemerintah berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN).

Presiden Jokowi dan TGB (Foto Setkab)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:19 WIB

Presien Jokowi Terus Godok Siapa Cawapresnya, Temasuk Diantaranya TGB

Presiden RI Joko Widodo masih mematangkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB

Masuk Daftar Negara Tidak Aman, India Luncurkan Kampanye Keselamatan

India, sebagai negara yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki budaya yang unik ini dinilai berbahaya bagi perempuan. Pada baru-baru ini, Kementerian Pariwisata India meluncurkan sebuah…

Rahmad Baagil. adalah Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:10 WIB

Try Out Menjelang Pemilu 2019

Pilkada serentak telah dilakasanakan dengan baik. Para kandidiat sudah mengetahui hasil akhir versi real count, walau ada beberapa perbedaan hasil di beberapa daerah, ada bebagai indikasi kecurangan…

Ilustrasi industri Fintech (sindonews.com)

Senin, 16 Juli 2018 - 12:19 WIB

Rekeningku.com Listing Tiga Kripto Baru

Rekeningku.com, platform jual beli aset digital crypto berbasis di Jakarta akan me-listing jenis crypto baru secara bersamaan dalam waktu satu bulan ke depan. Tiga crypto tersebut adalah Zcash…