Sambut Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-72, Kementerian ESDM Gelar Pekan Pertambangan dan Energi

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 September 2017 - 07:00 WIB

Kementerian ESDM
Kementerian ESDM

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyiapkan sejumlah agenda untuk menyambut peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi (PE) ke-72, yang akan jatuh pada tanggal 28 September 2017. Sesuai rencana, perhelatan yang kemudian disebut sebagai "Pekan Pertambangan dan Energi 2017" ini sudah dimulai dari pekan kedua bulan September hingga akhir bulan nanti.

"Acara Pekan Pertambangan dan Energi dalam rangka memperingati Hari Jadi PE ke-72 ini, tidak hanya melibatkan keluarga besar Kementerian ESDM, namun juga para stakeholders dan para penggiat di sektor ESDM, termasuk jurnalis dan mahasiswa," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana di Jakarta (21/9/2017)

Dengan menggandeng Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Kementerian ESDM telah menyelenggarakan IndoEBTKE Conference and Exhibition dan Bali Clean Energy Forum 2017 di Balai Kartini Jakarta, 13-15 September.

Selanjutnya, pada tanggal 18 September, Ibu Menteri Retnowati Jonan dan Ibu Wakil Menteri Paulin Tahar bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM melakukan penanaman pohon di Kampus Lapangan, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Cisarua.

Hari ini, Jumat (22/9/2017) Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama para Mantan Menteri ESDM dan jajaran pejabat di lingkungan Kementerian ESDM diagendakan melakukan ziarah ke makam Arie Frederik Lasut, Pahlawan Nasional yang merupakan Bapak Pertambangan Indonesia, di Yogyakarta.

Sehari setelahnya, Kementerian ESDM menggelar tatap muka dengan netizen sektor ESDM di Bandung dalam tajuk "Temu Netizen ke-7: Tambang untuk Kehidupan Manusia" yang dilanjutkan acara "Night at Museum" di Museum Geologi Bandung menyasar generasi muda untuk turut mendukung pengembangan sektor ESDM.

Pada tanggal 26-27 September, Kementerian ESDM mengadakan Pertambangan dan Energi EXPO 2017 yang menghadirkan pembicara para ahli pertambangan dan energi di Indonesia, termasuk para Mantan Menteri ESDM, dengan mengambil tema "Energi Berkeadilan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Investasi Berkelanjutan".

Malam harinya di tanggal 27 September, akan digelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto, penganugerahan tertinggi di sektor ESDM bagi Pengelola Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3LL) Panas Bumi, Penghargaan Efisiensi Energi Nasional, Penghargaan Wartawan Energi, Penghargaan Keselamatan Migas dan Penghargaan Inovasi Energi.

"Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto ini merupakan apresiasi Pemerintah kepada masyarakat baik individu, golongan maupun instansi, termasuk jurnalis atas kepedulian dalam memajukan sektor ESDM," jelas Dadan.

Sementara itu, puncak acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ditandai melalui penyelenggaraan upacara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72 pada Kamis, 28 September di Kantor Kementerian ESDM yang akan dilanjutkan dengan acara donor darah, pembagian santunan dan kegiatan kebersamaan.

"Pekan PE 2017 akan ditutup dengan kegiatan pameran dan seminar Hari Listrik Nasional 2017 yang berlangsung sejak tanggal 28 dan berakhir pada 30 September nanti," pungkas Dadan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Pacu Implementasi Industri Keempat, RI Jadi Garda Terdepan Transformasi Industri 4.0 di Asia

Implementasi industri 4.0 di kawasan Asia dinilai dapat membangkitkan kontribusi sektor manufaktur dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Benua Kuning tersebut.

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Yuk Nikmati Indahnya Surga Bawah Laut Pulau Morotai

Pulau yang secara administratif berada dalam kawasan Maluku Utara ini tak hanya punya pantai dan pasir yang lembut, tapi juga punya pemandangan bawah laut yang unik.

Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:05 WIB

Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua, Yudha Fajrin si Pedagang Satay Kini Sukses di Dunia Bisnis Indonesia

Mulai berbisnis sejak usia 15 tahun, Yudha Fajrin, pria kelahiran Palembang 5 Maret 1988 yang merupakan pemilik dari Satay Kato dan beberapa produk dengan brand Kato mengaku tak pernah kapok…

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung 24-28 Oktober di ICE BSD Tangerang.

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:19 WIB

18 KUKM Potensial Ekspor Berkesempatan Ikuti TEI 2018

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung…

Peluncuran Sandimas Home Center

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:08 WIB

Ekspansi Bisnis, Sandimas Pastikan untuk IPO

Kendati pasar properti belum sepenuhnya bergairah kembali, hal ini tidak menyurutkan Sandimas sebagai perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan untuk memperlebar ekspansi bisnisnya.…