Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

INDUSTRY.co.id - Makassar- Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober 2017.

"Pada 12 Oktober, kita akan bangun tol layang di Makassar kayak di Cengkareng. Insya Allah bisa terlaksana sesuai rencana," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kemarin.

Proyek yang disebut "Pettarani Toll Road Makassar" itu memang diharapkan bisa segera dikerjakan. Sebab kondisi kemacetan akibat kapasitas kendaraan yang melintas di Jalan AP Pettarani Makassar pada setiap harinya memang begitu tinggi.

Untuk proyek ini jalan tol layang AP Pettarani ini rencananya dibangun sepanjang 4,3 km. Jalan ini tentunya akan terkoneksi dengan beberapa ruas utama di kota Daeng. "Insya Allah (kepastian groundbreaking) dapat terlaksana," ujarnya kepada awak media d Makassar.

Terkait anggaran yang dibutuhkan, dirinya tentu berharap banyak ke APBN. Gubernur dua periode itu bahkan mengakui jika proyek jalan tol itu mesti dari APBN.

"Saya lagi berusaha dan mudah-mudahan bisa. Namun cuma di Sulsel itu memiliki prioritas untuk melakukan obligasi hingga Rp3 triliun. Jadi jika anggaran sebesar Rp1,3 tiliun, maka pemerintah pusat tentunya bisa dan punya kelayakan," jelasnya.

Sebelumnya, SYL mengaku sudah melakukan perhitungan dana terkait gagasan membangun tol layang yang bisa terwujud dengan komitmen seluruh pihak baik DPRD dan Pemerintah Kota Makassar.

"Kepercayaan negara terhadap Sulsel cukup tinggi. Kita bisa dibantu anggaran hingga Rp3 triliun," jelasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…