Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

INDUSTRY.co.id - Makassar- Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober 2017.

"Pada 12 Oktober, kita akan bangun tol layang di Makassar kayak di Cengkareng. Insya Allah bisa terlaksana sesuai rencana," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kemarin.

Proyek yang disebut "Pettarani Toll Road Makassar" itu memang diharapkan bisa segera dikerjakan. Sebab kondisi kemacetan akibat kapasitas kendaraan yang melintas di Jalan AP Pettarani Makassar pada setiap harinya memang begitu tinggi.

Untuk proyek ini jalan tol layang AP Pettarani ini rencananya dibangun sepanjang 4,3 km. Jalan ini tentunya akan terkoneksi dengan beberapa ruas utama di kota Daeng. "Insya Allah (kepastian groundbreaking) dapat terlaksana," ujarnya kepada awak media d Makassar.

Terkait anggaran yang dibutuhkan, dirinya tentu berharap banyak ke APBN. Gubernur dua periode itu bahkan mengakui jika proyek jalan tol itu mesti dari APBN.

"Saya lagi berusaha dan mudah-mudahan bisa. Namun cuma di Sulsel itu memiliki prioritas untuk melakukan obligasi hingga Rp3 triliun. Jadi jika anggaran sebesar Rp1,3 tiliun, maka pemerintah pusat tentunya bisa dan punya kelayakan," jelasnya.

Sebelumnya, SYL mengaku sudah melakukan perhitungan dana terkait gagasan membangun tol layang yang bisa terwujud dengan komitmen seluruh pihak baik DPRD dan Pemerintah Kota Makassar.

"Kepercayaan negara terhadap Sulsel cukup tinggi. Kita bisa dibantu anggaran hingga Rp3 triliun," jelasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mochtar Ngabalin Perkuat Tim Tenaga Ahli KSP, Komisaris AP1 (Foto Tribun)

Jumat, 20 Juli 2018 - 06:15 WIB

Ngabalin: Proses Menuju Komisaris AP I Sebenarnya Sudah Berlangsung Lama

Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah bertemu Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum dirinya kemudian diangkat sebagai salah satu Komisaris PT Angkasa Pura…

Presiden Jokowi dan Deputi PM Singapura (Foto Setkab)

Jumat, 20 Juli 2018 - 06:08 WIB

Tingkatkan Investasi KIP, Deputi PM Singapura Temui Presiden Jokowi

Deputi Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean menemui Presiden Joko Widodo salah satunya membahas perihal investasi di Kendal Industrial Park…

Mochtar Ngabalin Perkuat Tim Tenaga Ahli KSP, Komisaris AP1 (Foto Tribun)

Jumat, 20 Juli 2018 - 05:54 WIB

Pengeritik Jokowi, Sekarang Komisasris Angkasa Pura 1

Kementerian BUMN merombak susunan komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) dengan memasukkan tiga nama baru yaitu Djoko Sasono, Tri Budi Satriyo, dan Ali Mochtar Ngabalin.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:40 WIB

Aksi Teroris Ancaman Utama Asian Games 2018

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai terorisme menjadi ancaman paling diantisipasi oleh jajarannya dalam persiapan pengamanan Asian Games 2018 yang tinggal sebulan lagi.

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:20 WIB

ICW Anggap Golkar Berkilah Soal Caleg Mantan Koruptor

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menilai alasan Partai Golkar tetap mengajukan sejumlah bekas narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019…