Air Mancur Taman Sri Baduga, akan Gelar Festival Burung Berkicau

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 September 2017 - 13:30 WIB

Air Mancur Taman Sri Baduga, di Purwakarta (Foto:purwakartapost)
Air Mancur Taman Sri Baduga, di Purwakarta (Foto:purwakartapost)

INDUSTRY.co.id, Purwakarta - Air Mancur Taman Sri Baduga di Purwakarta semakin naik daun. Pasalnya, sejak ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi terus berinovasi untuk menarik wisatawan agar ke Purwakarta.

Dengan menggandeng komunitas pecinta burung, lewat Festival Burung Berkicau Piala Dedi Mulyadi untuk meningkatkan pamor air mancur terbesar di Asia Tenggara tersebut pada 1 Oktober 2017, mendatang.

Ketua pelaksana Piala Dedi Mulyadi, Agung Satria Putra mengatakan, BnR selaku Event Organizer sengaja menggelar event ini, untuk mengenalkan obyek-obyek wisata di wilayah Purwakarta, khususnya Taman Sri Baduga kepada penghobi burung di Indonesia.

"Piala Dedi Mulyadi ini merupakan event regional, yang datang nanti tidak hanya regional tetapi kicaumania dari seluruh Indonesia akan hadir. Ini juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa Taman Sri Baduga ini wajib dikunjungi karena keindahannya luar biasa," ujar Agung, Rabu (20/9/2017), seperti dikutip dari facebook Kemenpar.

Agung berharap, kicaumania yang mengikuti lomba tidak hanya sekadar lomba, tetapi bisa membawa serta keluarganya untuk berwisata. Disebutkannya, di sekitar Taman Sri Baduga juga masih banyak obyek wisata yang menarik.

"Kicaumania bisa membawa keluarganya. Karena selain Taman sri Baduga ini, masih banyak lagi obyek wisata menarik lainnya seperti Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata, Jatiluhur Waterworld, Giri Tirta Kahuripan, Goa Jepang dan Belanda, Curug Cipurut, Situ Wanayasa dan lainnya," ungkap Agung.

Agung menambahkan, untuk seremonial lomba nanti, rencananya akan menggandeng seniman Purwakarta untuk menampilkan tarian khas dan karya seninya untuk menghibur pengunjung. Bahkan, untuk juri dan panitia juga akan berpakaian adat khas Purwakarta.

"Tidak hanya lomba saja nanti, kita berencana akan menggandeng seniman Purwakarta seperti tari-tarian budaya dan seni lainnya yang juga menjadi ciri khas Purwakarta," terang Agung.

Untuk penginapan, Agung meyakinkan di sekitar Taman Sri Baduga sangat tersedia dengan berbagai fasilitas atau kelas. Selain hotel, Purwakarta juga banyak terdapat Home Stay yang bisa menjadi alternatif wisatawan. Menariknya, penginapan ini masih banyak yang dalam bentuk bangunan kuno jaman Belanda.

"Mengingat Taman Sri Baduga ini adalah tempat wisata, otomatis fasilitas penginapan sangat tersedia. Khusus event ini kita sudah bekerja sama dengan hotel-hotel dan homestay yang ada di Purwakarta. Jadi, malam hari sebelum lomba, peserta bisa melihat pertunjukan gratis air mancur menari-nari sambil menikmati aneka kuliner khas Purwakarta. Apalagi Taman Air Mancur Sri Baduga dilengkapi dengan lebih dari 5.000 tempat duduk," beber Agung.

Urusan kuliner, Purwakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata kuliner yang sangat enak dan lezat. Purwakarta memang kesohor dengan sate marangginya. Namun, primadona kuliner di sana bukan hanya itu. Pengunjung juga bisa menikmati Soto Sadang, Colenak Bendul, Manisan Pala dan banyak lagi.

Piala Dedi Mulyadi akan digelar satu lapangan dengan 36 kelas burung yang dilombakan dengan total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah. Sementara, panitia lomba menargetkan tiga ribu peserta dan enam pengunjung.

"Piala Dedi Mulyadi hingga saat ini animonya sangat bagus. Untuk pemesanan tiket saja sudah mencapai 70 persen saat ini. Terbesit juga di kami untuk menambah lapangan mengingat animonya luar biasa, tapi kita lihat saja nanti," pungkas Agung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…

Pelayanan di Kantor Bank DKI

Kamis, 18 April 2024 - 09:16 WIB

PJ Gubernur DKI Jakarta Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta

Memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada (11/04), Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan harapan Bank DKI dapat terus menjadi mitra…

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.