Di IBD Expo 2017, Presiden Jokowi Bicara Perubahan Gaya Hidup Konsumen di Era Ekonomi Digital

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 September 2017 - 15:56 WIB

Presiden Jokowi ( Setkab )
Presiden Jokowi ( Setkab )

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam pembukaan Indonesia Business and Development Expo atau IBD Expo 2017 Presiden Joko Widodo mengatakan, masyarakat harus sadar dengan perubahan-perubahan yang ada dalam era ekonomi digital.

"Hal ini selalu saya ulang ulang dalam setiap kesempatan dimana mana mengenai perubahan global yang sangat cepat, Supaya kita sadar bahwa perubahan itu dari detik kedetik selalu ada," ungkap Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center, Rabu (20/9/2017).

Menurutnya, ada pergeseran dari gaya hidup masyarakat indonesia dalam berniaga yang saat ini cenderung lebih cepat dan praktis di era ekonomi digital ini.

"Inilah kedepan yang kita hadapi, ada perubahan gaya hidup konsumsi konsumen di era ekonomi digital ini. Yang pertama kita sudah sangat memahami e-cemmerce, ada pergeseran perniagaan dari dunia ofline ke dunia onlin," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai berubah dari masyarakat konsumen barang menjadi konsumen experience atau pengalaman.

"Yang kedua media sosial, mengakibatkan pergeseran dari konsumen barang ke konsumsi experience dan ini sudah kita alami bersama sama, yang populer sekarang adalah posting ke media sosial dan menjadi trending didunia maya." lanjutnya.

Ia menilai, saat ini masyarakat sudah tidak lagi mengejar barang barang branded atau bermerk melainkan lebih kepada hal hal yang bersifat memories atau pengalaman.

"Rasanya kita tidak lagi mengejar barang bermerk, tapi sekarang yang di incar adalah kenang-kenangan memories, pengalaman pengalaman untuk dikeluarkan di media sosial," katanya.

Jokowi menambahkan, revolusi di sisi suplai atau ketersediaan juga harus diperhatikan pergeseranya. "Yang ketiga, Sharing ekonomi, sebuah revolusi pada sisi suplai atau sisi ketersediaan ini juga harus kita lihat, apakah ada pergeseran atau perubahan," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…