Presiden Jokowi Minta Keraton Lindungi Aset Budaya

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 September 2017 - 03:48 WIB

Presiden Jokowi didampingi Mensesneg dan Gubernur Jabar memukul bedug sebagai tanda penutupan Festival Keraton Nusantara XI, di Cirebon, Jabar, Senin (18/9) malam. (Foto: Rahmat/Humas)
Presiden Jokowi didampingi Mensesneg dan Gubernur Jabar memukul bedug sebagai tanda penutupan Festival Keraton Nusantara XI, di Cirebon, Jabar, Senin (18/9) malam. (Foto: Rahmat/Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta agar keraton-keraton se-Nusantara melindungi dan merawat aset budaya bangsa, seperti naskah kuno, benda pusaka, karya arsitektur sampai karya seni.

"Jangan sampai kita justru datang ke luar negeri untuk mengapresiasi karya-karya adiluhung tersebut. Ini aset budaya yang harus kita lindungi, jaga, rawat, dan kita kembangkan lagi," kata Presiden Jokowi pada Penutupan Festival Keraton Nusantara ke-11 di Taman Gua Sunyaragi, Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/9/2017) sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Selasa (20/9/2017)

Presiden Joko Widodo juga berharap keraton-keraton se-Nusantara terlibat dalam pembangunan karakter bangsa.

"Sehingga kita memiliki manusia-manusia yang berbudi luhur, dan tangguh serta inovatif dan kreatif," kata Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan bahwa banyak negara yang sektor pariwisatanya berkembang pesat hanya dengan mengangkat kekayaan tradisinya, narasi atau cerita yang menarik tentang daerah itu.

"Peninggalan kita jauh lebih bagus tapi kita kurang merawatnya, mengemasnya, antara keraton dan pemerintah sehingga aset-aset keraton Nusantara bisa memberikan kesejahteraan bukan hanya bagi para sultan, tetapi juga bagi masyarakat di sekitar keraton dari Sabang sampai Merauke," ujar Presiden.

 


 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…