Goodyear Gandeng Tesloop Dalam Percobaan Ban Cerdas Untuk Kendaraan Semi-Otonom

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 September 2017 - 17:31 WIB

Goodyear dan Tesloop Berkolaborasi dalam Percobaan Ban Cerdas
Goodyear dan Tesloop Berkolaborasi dalam Percobaan Ban Cerdas

INDUSTRY.co.id - Ohio - The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bekerjasama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik antar kota di Amerika yang merupakan anak perusahaan Tesla, otomotif.

Pada sejumlah trayek, mereka melakukan percobaan menggunakan ban cerdas milik Goodyear yang dapat memberikan diagnosis berbasis data kepada pemilik armada kendaraan semi-otonom. Diagnosis tersebut terintegrasi melalui sensor nirkabel dan terhubung dengan algoritma cloud milik Goodyear.

Ban cerdas Goodyear memiliki sensor yang memungkinkan pengemudi untuk secara aktif memantau keadaan ban dalam pemeliharaan yang benar seperti tingkat keausan dan tekanan angin pada ban. Pemeliharaan ini membantu memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal dan mencegah kerusakan tak terduga pada ban.

Informasi tersebut kemudian disampaikan secara langsung ke sistem manajemen armada pengemudi dan dapat diakses melalui aplikasi seluler.

Chief Technology Officer dari Goodyear Chris Helsel mengatakan, seiring ekosistem mobilitas yang terus berkembang, pihaknya mengambil langkah menyesuaikan laju perubahan teknis di industri transportasi dan mengembangkan inovasi ban yang memenuhi kecerdasan kendaraan yang menggunakannya.

"Karena, kami tidak hanya ingin membaca masa depan, tetapi kami ingin membangun masa depan tersebut.” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (19/9/2017)

Upaya Goodyear dengan Tesloop ini didasarkan pada keberhasilan Goodyear Proactive Solutions dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis transportasi dengan mengkombinasikan keahlian manajemen armada, produk cerdas, dan jaringan layanan yang luas untuk memberikan solusi lengkap mobilitas masa depan.

"Teknologi diagnosa data membantu pengemudi mengantisipasi kerusakan pada ban, sehingga tingkat keamanan dalam berkendara semakin meningkat.” kata CEO Tesloop Rahul Sonnad.

Teknologi ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemilik armada truk dan logistik.

Menurut General Manager Corporate and Marketing Communication Goodyear Indonesia Wicaksono Soebroto mengatakan, biaya pemeliharaan ban pada armada angkutan darat merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah bahan bakar.

"Sementara pemilik dan pengelola selalu mencari upaya menurunkan biaya perkilometer setiap ban sehingga teknologi sensor ini seyogyanya membantu pengendara untuk mencegah kerusakan ban di jalan yang berdampak langsung pada total biaya operasional.” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (Foto Ist)

Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:00 WIB

CIEP Konferensi Politik Luar Negeri Terbesar di Dunia

Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengklaim Konferensi Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia 2017 (CIFP) yang akan diadakan pada Sabtu (21/10) merupakan…

Direktur BRI Kuswiyoto, Direktur Susi Liestiowaty, Direktur Utama Suprajarto, Direktur Haru Koesmahargyo dan Direktur Sis Apik berbincang seusai acara rapat umum pemegang saham luar biasa di Jakarta, Rabu (18/10/2017) (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 18 Oktober 2017 - 18:46 WIB

BRI Hapus Jabatan Wakil Direktur Utama

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk memutuskan untuk menghapus jabatan Wakil Direktur Utama yang selama ini dijabat Sunarso, dan menugaskan dua direksi…

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (ketiga dari kiri) sedang berlari di ajang Mandiri Bogor Sundown Marathon, Minggu (9/7/2017). (Irvan AF/INDUSTRY)

Rabu, 18 Oktober 2017 - 18:25 WIB

Diikuti Pelari dari 50 Negara, Mandiri Jakarta Marathon Siap Digelar 29 Oktober 2017

Ajang lomba lari Marathon, Mandiri Jakarta Marathon yang akan digelar kembali pada 29 Oktober 2017 mendatang akan diikuti sebanayk 16 ribu pelari, bahkan hingga 1.585 pelari yang berasal dari…

Ketua Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (Foto Ist)

Rabu, 18 Oktober 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Berperan Terdepan Tangani Masalah Rohingya Myanmar

Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan Indonesia mengambil peran terdepan dalam masalah Rohingya.

Dirut BPJS Ketenagakerjaaan Agus Susanto saat meresmikan Contact Center

Rabu, 18 Oktober 2017 - 17:27 WIB

Aset BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp309 Triliun

Jakarta-BPJS Ketenagakerjaan mempunyai dana kelolaan sebanyak Rp301 triliun, dengan total aset Rp309 triliun hasil iuran dana masyarakat yang menjadi peserta baik institusi maupun perorangan.