Goodyear Gandeng Tesloop Dalam Percobaan Ban Cerdas Untuk Kendaraan Semi-Otonom

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 September 2017 - 17:31 WIB

Goodyear dan Tesloop Berkolaborasi dalam Percobaan Ban Cerdas
Goodyear dan Tesloop Berkolaborasi dalam Percobaan Ban Cerdas

INDUSTRY.co.id - Ohio - The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bekerjasama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik antar kota di Amerika yang merupakan anak perusahaan Tesla, otomotif.

Pada sejumlah trayek, mereka melakukan percobaan menggunakan ban cerdas milik Goodyear yang dapat memberikan diagnosis berbasis data kepada pemilik armada kendaraan semi-otonom. Diagnosis tersebut terintegrasi melalui sensor nirkabel dan terhubung dengan algoritma cloud milik Goodyear.

Ban cerdas Goodyear memiliki sensor yang memungkinkan pengemudi untuk secara aktif memantau keadaan ban dalam pemeliharaan yang benar seperti tingkat keausan dan tekanan angin pada ban. Pemeliharaan ini membantu memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal dan mencegah kerusakan tak terduga pada ban.

Informasi tersebut kemudian disampaikan secara langsung ke sistem manajemen armada pengemudi dan dapat diakses melalui aplikasi seluler.

Chief Technology Officer dari Goodyear Chris Helsel mengatakan, seiring ekosistem mobilitas yang terus berkembang, pihaknya mengambil langkah menyesuaikan laju perubahan teknis di industri transportasi dan mengembangkan inovasi ban yang memenuhi kecerdasan kendaraan yang menggunakannya.

"Karena, kami tidak hanya ingin membaca masa depan, tetapi kami ingin membangun masa depan tersebut.” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (19/9/2017)

Upaya Goodyear dengan Tesloop ini didasarkan pada keberhasilan Goodyear Proactive Solutions dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis transportasi dengan mengkombinasikan keahlian manajemen armada, produk cerdas, dan jaringan layanan yang luas untuk memberikan solusi lengkap mobilitas masa depan.

"Teknologi diagnosa data membantu pengemudi mengantisipasi kerusakan pada ban, sehingga tingkat keamanan dalam berkendara semakin meningkat.” kata CEO Tesloop Rahul Sonnad.

Teknologi ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemilik armada truk dan logistik.

Menurut General Manager Corporate and Marketing Communication Goodyear Indonesia Wicaksono Soeoto mengatakan, biaya pemeliharaan ban pada armada angkutan darat merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah bahan bakar.

"Sementara pemilik dan pengelola selalu mencari upaya menurunkan biaya perkilometer setiap ban sehingga teknologi sensor ini seyogyanya membantu pengendara untuk mencegah kerusakan ban di jalan yang berdampak langsung pada total biaya operasional.” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

Jumat, 21 September 2018 - 15:15 WIB

Kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 Temukan Peserta Top 20

Setelah melaksanakan rangkaianroadshowlima kota di Bandung, Yogyakarta,DenpasarBali, Surabaya dan Jakarta,The Big Start Indonesia Season 3berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi…

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.

Kejar Limit Demi Asian Para Games dan Paralimpiade Tokyo

Jumat, 21 September 2018 - 14:53 WIB

Gelaran Asian Para Games 2018 Sebentar Lagi , INAPGOC Pastikan Persiapan Sudah Hampir 100 Persen

Tiket upacara pembukaan terbagi dalam empat kelas: platinum Rp 2,5 juta, gold Rp 1,5 juta, silver Rp 750 ribu, dan bronze Rp 500 ribu. Pembelian dapat dilakukan mulai tanggal 20 September 2018…

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).