Bekraf Gelar Arkatara, Forum Pendanaan Film Terbesar Pertama di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 18 September 2017 - 21:21 WIB

Bekraf Gelar Akatara, Forum Pendanaan Industri Perfilman yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)
Bekraf Gelar Akatara, Forum Pendanaan Industri Perfilman yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif akan meluncurkan Akatara, forum pendanaan proyek film pertama mempertemukan investor dari berbagai sektor dan pelaku film. Akatara adalah pitching forum dan matchmaking untuk project film Indonesia.

“Kami menyadari akses permodalan penting dalam perkembangan perfilman Indonesia. Maka kami menggelar Akatara untuk para pembuat film yang bukan hanya berkesempatan bertemu dengan para investor, tetapi juga menimba apa saja yang perlu mereka siapkan untuk menarik minat investasi investor,” kata Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo dalam konferensi persnya, di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Akan ada 40 proyek film yang akan dipamerkan di depan investor. Di mana, 10 di antaranya merupakan proyek film dari sutradara ternama Indonesia yang mengangkat cerita dengan latar belakang 10 destinasi wisata prioritas yang dibiayai oleh Bekraf. Sementara itu, dua film lainnya merupakan proyek film yang terpilih mewakili Indonesia pada Torino Film Lab.

"10 sutradara terpilih dikirim ke destinasi wisata prioritas untuk membuat film (Borobudur, Bromo, Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi) yang nantinya akan dipresentasikan di acara Akatara," ujar Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf.

Sebagai pilot project Bekraf, Akatara yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 ini akan membuka peluang para pembuat film nasional untuk bertemu dengan investor tanpa harus mendatangi mereka satu persatu. Sementara itu, bagi para investor sendiri, dengan adanya forum ini akan memudahkan mereka untuk menanamkan bisnis mereka di film yang tepat.

Semua jenis cerita fiksi, baik berdurasi panjang atau pun pendek bisa mendapatkan kesempatan ini. Pendaftaran ditutup pada 21 Oktober 2017.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:45 WIB

Per Juni 2018, Marketing Sales Bumi Serpong Damai Alami Lonjakan 50%

Penjualan pemasaran (marketing sales) PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tercatat sebesar Rp3,8 triliun pada paruh pertama 2018, melonjak 50% dibandingkan dengan realisasi marketing sales di periode…

Inarno Djayadi Dirut BEI (Foto Tribunnews)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:15 WIB

BEI Bakal Percepat Periode Penyelesaian Transaksi Bursa Jadi T Plus Dua

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mempercepat periode penyelesaian (settlement) transaksi bursa dari T+3 menjadi T+2. Itu artinya, penyelesaian transaksi saham hingga penyerahan barang…

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:03 WIB

Gelombang Ekstrem Masih Terjadi Seminggu ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter atau dalam kategori ekstrem dan berbahaya masih akan terjadi dalam…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:58 WIB

DirjenPAS Akui Kejadian di Lapas Sukamiskin Masalah Serius

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian operasi tangkap tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin,…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:54 WIB

DirjenPas Akui Fasilitas Tak Standar di Lapas Sukamiskin

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di Lembaga…