Bekraf Gelar Arkatara, Forum Pendanaan Film Terbesar Pertama di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 18 September 2017 - 21:21 WIB

Bekraf Gelar Akatara, Forum Pendanaan Industri Perfilman yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)
Bekraf Gelar Akatara, Forum Pendanaan Industri Perfilman yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif akan meluncurkan Akatara, forum pendanaan proyek film pertama mempertemukan investor dari berbagai sektor dan pelaku film. Akatara adalah pitching forum dan matchmaking untuk project film Indonesia.

“Kami menyadari akses permodalan penting dalam perkembangan perfilman Indonesia. Maka kami menggelar Akatara untuk para pembuat film yang bukan hanya berkesempatan bertemu dengan para investor, tetapi juga menimba apa saja yang perlu mereka siapkan untuk menarik minat investasi investor,” kata Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo dalam konferensi persnya, di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Akan ada 40 proyek film yang akan dipamerkan di depan investor. Di mana, 10 di antaranya merupakan proyek film dari sutradara ternama Indonesia yang mengangkat cerita dengan latar belakang 10 destinasi wisata prioritas yang dibiayai oleh Bekraf. Sementara itu, dua film lainnya merupakan proyek film yang terpilih mewakili Indonesia pada Torino Film Lab.

"10 sutradara terpilih dikirim ke destinasi wisata prioritas untuk membuat film (Borobudur, Bromo, Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi) yang nantinya akan dipresentasikan di acara Akatara," ujar Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf.

Sebagai pilot project Bekraf, Akatara yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 ini akan membuka peluang para pembuat film nasional untuk bertemu dengan investor tanpa harus mendatangi mereka satu persatu. Sementara itu, bagi para investor sendiri, dengan adanya forum ini akan memudahkan mereka untuk menanamkan bisnis mereka di film yang tepat.

Semua jenis cerita fiksi, baik berdurasi panjang atau pun pendek bisa mendapatkan kesempatan ini. Pendaftaran ditutup pada 21 Oktober 2017.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)