API Berharap UKM Ikuti Aturan Pemerintah

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 September 2017 - 21:00 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Solo- Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah berharap usaha kecil dan menengah (UKM) mengikuti aturan pemerintah khususnya terkait perpajakan agar program kemitraan antara pelaku industri besar dengan UKM bisa berjalan dengan baik.

"Mengenai peraturan kemitraan antara pengusaha besar dengan pelaku UKM memang bukan sesuatu yang baru dan kami menyambut peraturan tersebut. Meski demikian hingga saat ini kepemilikan nomor pokok wajib pajak (NPWP) masih menjadi kendala UKM," kata Wakil Ketua API Jawa Tengah Liliek Setiawan di Solo, Senin (18/9/2017)

Menurut dia, sebetulnya NPWP bukan sesuatu yang baru karena aturan main dari pemerintah diharuskan seperti itu. Tetapi dalam praktiknya, dikatakannya, tidak serta merta bisa terjadi secara otomatis.

"Karena memang kita tahu bahwa kami yang berada di industri menengah besar diimbau untuk bermitra dengan UKM, kenyataan yang dihadapi adalah tidak semuanya PKP atau ber-NPWP. Bagaimana kami bisa menjalani program jika mitra kerja tidak memiliki satu paham yang sama," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya berharap pemerintah dalam hal ini Dirjen Pajak bisa membantu dari sisi sosialisasi terkait pentingnya kewajiban perpajakan kepada para pelaku UKM.

"Salah satunya dengan menyelenggarakan sosialisasi, seperti amnesti pajak kemarin. Harus gencar disosialisasikan supaya seluruh 'stakeholder' mulai dari besar, menengah, mikro, kecil, bahkan gurem paham bahwa membayar pajak itu penting, dengan begitu antara pelaku industri besar dengan UKM bisa kolaborasi," katanya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 15:03 WIB

Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering

Sertifikasi International ASEAN Engineering diberikan pada ajang bergengsi Conference of The ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO) ke-36 yang telah berlangsung sejak tanggal…

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…