Kementerian ESDM Tandatangani MoU Pengembangan SDM Dengan 11 Bu/BUT

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2017 - 16:05 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan membuka Focus Group Discussion (FGD) Sinergi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor ESDM dengan 41 Badan Usaha (BU) dan Badan Usaha Tetap (BUT) sektor ESDM, Senin (18/9) di Jakarta.

Selain membuka FDG, Menteri ESDM menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan SDM sektor ESDM. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala BPSDM dengan 11 (sebelas) BU/BUT, yakni: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Chevron Pacific Indonesia, Medco E&P Indonesia, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Geo Dipa Energi (Persero), PT Pertamina Drilling Service Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, serta PT Adaro Indonesia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dimaksudkan sebagai payung hukum dalam pelaksanaan kerjasama antarpihak dalam pengembangan SDM Sektor ESDM. Hal ini seiring dengan pengajuan beberapa Satuan Kerja di lingkungan BPSDM ESDM menjadi Satuan Kerja dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU).

Menteri Jonan menegaskan, dengan penandatangan Nota Kesepahaman ini diharapkan ada kerja sama di bidang proses belajar mengajar di sektor ESDM.

"Kalau yang punya corporate training kalo bisa saling sinergi, saling kirim pengajar atau sebagainya. Tolong semua BU/BUT kalo kami minta untuk mengajar, kirim orang, sharing knowledge, sharing kompetensi, juga sharing profisiensi, karena BPSDM kami inginnya sebagai sekolah (pendidikan) vokasi," kata Jonan.

Ia menjelaskan, pada sekolah vokasi, outputnya adalah profisiensi, selain belajar teori, juga diajarkan prakteknya di lapangan, sehingga harus lebih banyak pengajar dari sektor riil yang turut berperan serta. "Saya inginnya BPSDM menjadi sekolah vokasi, kecuali STEM Akamigas yang sampai D4, lulusannya selain kompetensi juga harus punya profisiensi, bisa mengerjakan dengan baik," tuturnya.

Sebagai contoh, praktek pendidikan vokasi ini dilakukan dengan mengirim peserta didik ke site langsung, "Apabila pendidikan (subsektor) pertambangan, ya berarti harus dikirim ke sana, saya rasa Freeport salah satu operasi kegiatan pertambangan bawah tanah yang luar biasa," ungkap Jonan.

BPSDM ESDM sendiri diharapkan akan memiliki peran penting dalam pengembangan SDM dengan menggelar pelatihan dan sertifikasi di sektor ESDM. Saat ini BPSDM ESDM telah memiliki 12 lokasi pelatihan dan pendidikan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bandung, Sukabumi, Cipatat, Cepu, dan Sawahlunto.

Lokasi-lokasi pelatihan tersebut memiliki fasilitas pendidikan dan pelatihan yang cukup lengkap, di antaranya: laboratorium instalasi pemanfaatan tenaga listrik, laboratorium instalasi dasar listrik, simulator motor generator sinkron, simulator of electrical energy management, electrical power cycle simulator, ruang instrumen PLTD, laboratorium untuk generation set and prime mover/load bang synchronize, workshop jaringan listrik, steam simulator power plant boiler, simulator pencahayaan/lighting lamp/lumen/lux, simulator hybrid solar cell/diesel wind dan biomassa, fasilitas PLTS, simulator biogas, simulator PLTB, kilang mini, simulator cyber drilling, simulator tambang bawah tanah, bengkel dan laboratorium peledakan, conveyor belt, rodheader, well support equipment, dan simulator drilling rig.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…