Resmikan Politeknik Morowali, Airlangga Berharap Ini Jadi Pusat Inovasi Berbasis Nikel di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2017 - 15:14 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat m,eresmikan Politeknik Industri Logam Morowali
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat m,eresmikan Politeknik Industri Logam Morowali

INDUSTRY.co.id - Palu, Menteri Perindustrian hari ini meresmikan Politeknik Industri Logam Morowali, Sulawesi Tengah. Menurutnya, Politeknik industri logam Morowali adalah satu-satunya politeknik yang dibangun di kawasan industri.

"Politeknik di kawasan industri adalah bentuk link and match antara pendidikan dengan dunia industri," kata Airlangga melalui keterangan tertulisnya saat acara peresmian Politeknik industri logam Morowali di palu, Sulawesi Tengah, Senin (18/9/2017).

Ia menambahkan, Politeknik Industri Logam Morowali sudah dilengkapi sarana yang baik dan pada tahun pertama ini kami menerima 96 mahasiswa. "Semua pembiayaan disini gratis," terangnya.

Airlangga berharap Politeknik Industri Logam Morowali menjadi pusat inovasi berbasis nikel di Indonesia. "Selain menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja, kampus ini akan melakukan pengembangan riset-riset terapan yang bekerja sama dengan industri," ucap menperin.

Lebih lanjut, menperin menjelaskan, sekolah tinggi kejuruan atau vokasi yang pembangunannya difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian itu merupakan salah satu contoh praktik terbaik dalam pelaksanaan pendidikan yang mengusung konsep "link and match". "Maksud dari "link and match" sendiri adalah konsep keberkaitan dan keberpadanan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja," imbuhnya.

Pemerintah, kata dia, menyediakan fasilitas terbaik teknik industri dan menjadi yang terdepan jika dibandingkan fasilitas politeknik lainnya di Indonesia. Selain itu, penyiapan sumber daya manusia yang terampil adalah sebuah keniscayaan dalam memacu pertumbuhan industri, selain melalui pengembangan teknologi dan peningkatan investasi.

"Bahkan, adanya politeknik ini, kami meyakini akan mendukung penambahan investasi di industri pengolahan logam, khususnya di wilayah Sulawesi dan Indonesia bagian timur," ucap Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, Menperin Airlangga juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir yang telah memberikan kuliah perdana bagi mahasiswa Politeknik Industri Logam Morowali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…