Kadin Dorong Pemerintah Daerah Atur Peraturan Periklanan Luar Ruang

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2017 - 11:00 WIB

Ilustrasi Papan Reklame
Ilustrasi Papan Reklame

INDUSTRY.co.id - Bali, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong pemerintah daerah mengatur peraturan reklame yang meliputi periklanan luar ruang yakni ambient media karena berpotensi memberikan pemasukan bagi pendapatan asli daerah.

"Penerimaan daerah dari pajak reklame dengan 'ambient media' ini sangat besar," kata Ketua Komite Tetap Industri Kreatif Berbasis Media Kadin Indonesia Roy Wicaksono melalui keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali (17/9/2017).

Menurut Roy, strategi periklanan kekinian itu belum banyak diatur oleh pemerintah daerah di Indonesia termasuk belum dimasukkan dalam peraturan reklame yang sudah ada. "Peraturan reklame yang di dalamnya mengatur terkait ambient media tersebut baru dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," terangnya.

Ia menambahkan, selain potensi penerimaan pajak, pemasang iklan dalam strategi ambient media juga memberikan kompensasi di lokasi tempat iklan tersebut didirikan. "Misalnya iklan didirikan di taman, maka pengelolaan taman ditanggung oleh pengiklan tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, belum adanya aturan spesifik terkait ambient media, menimbulkan kerancuan dan hilangnya potensi penerimaan pendapatan daerah. Sebelumnya ini sudah banyak bermunculan merek suatu produk atau nama perusahaan yang termasuk dalam strategi ambient media seperti dengan membangun kursi permanen di taman kota atau di fasilitas publik hingga menempatkan pot-pot bunga dengan memperlihatkan merek. Namun, lanjut dia, cara tersebut sebagian besar didasarkan atas kesepakatan pemberian bantuan sosial atau CSR suatu perusahaan.

"Padahal ada potensi pemasukan bagi daerah apabila ambient media tersebut sudah ada aturannya. Sedangkan bagi perusahaan, merek yang ditampilkan itu sudah membangun citra positif bagi masyarakat," imbuh Roy.

Roy menilai beberapa daerah di Bali sangat potensial mengatur strategi periklanan ambient media itu dalam peraturan reklame yang sudah ada mengingat Pulau Dewata merupakan daerah tujuan wisata dunia. Beberapa daerah di Bali yang banyak diincar oleh pengiklan di antaranya Kabupaten Badung, Denpasar, Gianyar, Tabanan dan Buleleng.

Di beberapa daerah di Indonesia atau di luar negeri, metode periklanan ambient media bahkan menjadi ikon dan daya tarik wisata karena dikemas kreatif untuk swafoto. Roy menjelaskan ambient media merupakan strategi periklanan kekinian yang tujuan utamanya mendekatkan interaksi sebuah merek produk kepada konsumen, meninggalkan cara lama beriklan yang banyak dilakukan melalui spanduk atau papan besar atau billboard.

"Strategi periklanan ambient media tersebut akan membangkitkan semangat dan bahkan suasana hati masyarakat dengan memberikan pengalaman mengesankan kepada konsumen," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…