Bank-Bank BUMN Siap Dukung Pembiayaan KUR

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 September 2017 - 19:42 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BTN Maryono, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut PLN Sofyan Basir (Foto Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BTN Maryono, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut PLN Sofyan Basir (Foto Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Magelang- Sinergi BUMN mendukung amanat Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan konsep "korporasi petani" dengan mengubah pola kerja petani yang lebih modern. Bank bank BUMN siap mendukung pembiayaan KUR untuk mendukung proses tanam, packaging, hingga pemasarannya.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan BUMN ingin masyarakat sekitar Candi Borobudur memaksimalkan potensi daerah mereka. Balai Ekonomi Desa (Balkondes) bertujuan untuk menggerakkan ekonomi desa. Salah satunya dengan mengembangkan homestay dan tanaman bahan baku jamu.

“Nantinya wisata bahan baku jamu akan jadi ciri khas daerah sini. Kami minta BNI yang mengelola untuk bangun 20 homestay. Banyak kemajuan yang bisa dilihat di desa Wanurejo ini,” ujar Rini dalam kunjungannya ke Balkondes Wanurejo, Sabtu (16/9/2017)  di Magelang, Jawa Tengah.

Menteri Rini juga mengatakan, Balkondes adalah hasil Sinergi Antar BUMN yang dapat digunakan masyarakat untuk mengembangkan potensi Desa. Saat ini sudah ada 20 desa dengan Balkondes dan beberapa sudah dilengkapi homestay. Lalu dibuat program dan jadwal sehingga turis bisa mengetahui apa saja kegiatan masing masing Balkondes.

Pembuatan homestay dan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) menumbuhkan peluang usaha pariwisata dan bertujuan untuk memperpanjang length of stay wisatawan dengan adanya atraksi baru pada setiap desa. Pendapatan ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat.

"Tak bisa dipungkiri, Candi Borobudur memberi kehidupan untuk masyarakat di sekitarnya. Mulai dari penjual oleh-oleh sampai pemandu wisata, semuanya merupakan masyarakat sekitar," tambah Rini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…