Menteri Susi Ajak Mahasiswa-Akademisi Sultra Jaga Laut

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 September 2017 - 05:26 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Kendari - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti meminta kalangan mahasiswa dan akademisi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menjaga laut yang ada di wilayah provinsi kepulauan itu.

"Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia," kata Susi saat memberikan kuliah umum kemaritiman di Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, Sabtu (16/9/2017)

Sebagai negara maritim, kata Susi Indonesia memiliki kekayaan hasil laut, tetapi karena pencurian ikan atau "illegal fishing" sudah lama terjadi dan merugikan Indonesia.

"Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu bisa menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melakukan pencurian ikan," katanya.

Susi mengaku selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sudah meneggelamkan 317 kapal asing yang selama ini melakukan pencurian di laut Indonesia.

"Soal illegal fishing, saya konsisten melakukan tindakan tegas. Bahkan dalam waktu dekat akan ada sekitar 100 kapal yang ditenggelamkan. Kapal kapal itu berasal dari berbagai negara, yakni Vietnam, Thailand dan China dengan kapasitas berbeda," katanya.

Susi juga berhadap pemda dan aparat keamanan di Sultra bersinergi sama-sama menjaga kedaualatan laut Indonesia.

"Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelayanan di Kantor Bank DKI

Kamis, 18 April 2024 - 09:16 WIB

PJ Gubernur DKI Jakarta Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta

Memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada (11/04), Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan harapan Bank DKI dapat terus menjadi mitra…

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…