Ternyata, Orang Dewasa Perlu Divaksinasi Juga Loh !

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 16 September 2017 - 22:37 WIB

Dr. Kristoforus Hendra Djaya Sp, PD dari In Harmony Health Clinic dalam Seminar Comprehensive Vaccinology ke-9, di kawasan Pasar Baru, Sabtu (16/9/2017)
Dr. Kristoforus Hendra Djaya Sp, PD dari In Harmony Health Clinic dalam Seminar Comprehensive Vaccinology ke-9, di kawasan Pasar Baru, Sabtu (16/9/2017)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selama ini Anda berpikir bahwa vaksinasi berlaku untuk bayi dan anak-anak saja. Siapa yang menyangka bahwa orang dewasa ternyata masih membutuhkan suntikan pelindung ini?

Pada keadaan tertentu, orang dewasa membutuhkan suntik vaksin tambahan tiap beberapa periode. Dengan menerima vaksin, Anda tidak saja melindungi diri sendiri dari serangan penyakit tapi juga ikut mencegah penyebarannya.

Dr Kristoforus Hendra Djaya Sp, PD dari In Harmony Health Clinic mengatakan penggunaan vaksin sendiri di Indonesia masih sangat rendah. Penyakit yang bisa diproteksi pada dewasa itu, 100 kali labih banyak dibandingkan pada anak. Padahal, lanjut, Kristoforus, penyakit yang bisa diproteksi pada dewasa itu, 100 kali lebih banyak dibandingkan pada anak. Dengan memberikan vaksin pada orang dewasa akan semakin banyak menyelamatkan iwa manusia. Hanya saja, di Indonesia saat ini pemerintah memang hanya fokus pada vaksin anak. 

"Ternyata memang aksesnya masih relatif susah, kalau di pelayanan kesehatan sendiri, berapa banyak sih yang menyediakan vaksinansi secara komplit, saya rasa tidak banyak," ungkap Kristoforus dalam Comprehensive Vaccinology ke-9, di kawasan Pasar Baru, Sabtu (16/9/2017).

Hal ini menurut Kristoforus karena batas penggunaan vaksin yang tidak bisa tahan lama. Belum lagi penyimpanan vaksin rentan rusak. Sehingga tidak banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin secara lengkap. 

Di samping itu, harga vaksin yang relatif mahal juga kerap tidak ditanggung oleh sejumlah jaminan kesehatan. 

"Karena tidak ada yang mau bayarin jadi banyak yang enggak mau," kata dia. 

Kemudian, kesadaran untuk melakukan vaksinasi secara bertahap, lanjut Kristoforus, juga masih sangat rendah. Belum lagi soal kurangnya skrining sehingga penggunaan vaksin yang dilakukan menjadi tepat. 
 
"Dari pihak tenaga kesehatan, jarang yang ditanyakan history vaksinasi. Kemudian fasilitas yang bisa dipercaya juga kurang, belum lagi soal vaksin palsu yang sempat sangat heboh," kata dia. 

Lebih jauh, Kristo juga mengatakan, banyak orang dewasa yang menganggap vaksin masih belum penting dan belum dibutuhkan. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…