Simak 4 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Membeli Apartemen

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 16 September 2017 - 15:05 WIB

Apartemen
Apartemen

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Membeli properti bukan seperti jajan tahu bulat yang bisa dibeli secara dadakan. Ya, Anda perlu waktu yang cukup longgar guna melakukan riset pasar dan persiapan lain sebelum mengeksekusi properti incaran.

Investasi waktu dan persiapan yang Anda lakukan tentunya akan mempermudah proses pembelian dan meminimalisir masalah yang tak terduga. Apalagi untuk pembelian hunian vertikal seperti apartemen. Ada beberapa hal yang membedakan proses pembelian apartemen dengan rumah tapak.

Simak beberapa tips berikut ini supaya pembelian apartemen Anda berjalan lancar dan tanpa kendala.

1. Melakukan perhitungan ketat

Pastikan Anda mengetahui anggaran biaya yang dimiliki sebelum mulai mencari unit apartemen idaman. Jumlah tersebut harus sudah mencakup biaya provisi apabila ingin membeli melalui pembiayaan bank (KPA).

 Berbeda dengan rumah tapak, promosi proyek apartemen biasanya lebih menarik dan menggoda calon pembeli. Misalnya uang muka nol persen atau bebas cicilan selama beberapa bulan. Namun Anda jangan langsung tergiur, jadikan lokasi dan kebutuhan utama sebagai prioritas dalam memilih apartemen.

Proses pembiayaan bank atau Kredit Pemilikan Apartemen biasanya dilakukan dalam rentang waktu yang panjang dan lama. Lakukan diskusi dengan penasehat keuangan atau broker kepercayaan untuk menentukan tenor dan jumlah cicilan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

2. Antisipasi kenaikan harga

Pengembang apartemen memiliki strategi tersendiri ketika hendak menaikkan banderol harga. Misalnya ketika pergantian tahun, atau ketika beberapa unit terjual habis dalam waktu cukup singkat.

Pada umumnya, apartemen mengalami kenaikan harga sekitar 10 persen dalam satu tahun, akan tetapi ada pula yang tidak naik sama sekali dalam jangka waktu satu tahun.

Kenaikan harga bisa menjadi sinyal positif mengenai reputasi proyek itu sendiri, namun Anda harus mengantisipasinya dengan segera melakukan booking fee.

Kenaikan harga sangat berpengaruh pada jumlah ilustrasi KPA, jadi apabila apartemen idaman harganya sudah terlanjur melejit, Anda harus meninjau skema pembiayaan ulang sebelum mengambil keputusan.

3. Gunakan jasa agen dan developer profesional

Ada beberapa jaminan yang bisa meminimalisir resiko ketika Anda membeli properti, seperti menggunakan jasa agen professional dan membeli proyek dari developer yang memiliki reputasi positif. Agen professional sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan dan perhitungan lainnya.

Tanyakan banyak pertanyaan “mengapa” sebelum membeli. Pertama-tama, ketahui reputasi pengembang yang tengah menggarap properti tersebut. Proyek apa saja yang pernah mereka kerjakan, dan testimonial dari para kliennya.

Untuk proyek skala besar seperti superblok atau kota mandiri, Anda bisa dengan mudah mencari informasinya lewat forum online.

4. Mengetahui rasio untung dan rugi

Jika Anda membeli apartemen untuk disewakan atau investasi, maka harus diingat bahwa keuntungan besar sepadan dengan resiko yang mungkin terjadi. Jadi, harus lebih berhati-hati ketika memilih dan merawat apartemen untuk unit sewa.

Apabila riset dan persiapan dilakukan secara cermat, apartemen investasi Anda bisa menjadi sumber penghasilan pasif yang menguntungkan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…