Presiden Jokowi Usulkan Fakultas Manajemen Online Store

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 September 2017 - 22:01 WIB

Presiden Jokowi meladeni permintaan warga untuk ber-selfie, di Gedung Sultan Suryansyah, Banjarmasin, Jumat (15/9) (Foto: Humas)
Presiden Jokowi meladeni permintaan warga untuk ber-selfie, di Gedung Sultan Suryansyah, Banjarmasin, Jumat (15/9) (Foto: Humas)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin- Presiden Joko Widodo mengusulkan adanya fakultas "online store" (toko dalam jaringan) agar dapat mengantisipasi kompetisi global.

"Fakultas ekonomi itu jurusannya dari dulu jurusan manajemen, ekonomi pembangunan, Akuntasi, di mana-mana ada tiga itu, padahal sekarang itu kalau jualan sudah 'online store', kenapa tidak ada fakultas manajemen 'toko online'? Kenapa tidak ada fakultas 'coffee shop'?" kata Presiden Joko Widodo di lapangan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin,Kalsel Jumat (15/9/2017)

Padahal menurut Presiden, saat ini dibutuhkan jurusan-jurusan yang lebih menjawab kebutuhan di tengah persaingan global.

"Sejak 30 tahun yang lalu, saya tahunya (fakultas) itu terus, kenapa tidak ada fakultas media sosial? Mestinya ada faktultas medsos, jurusan 'meme', ada kebutuhan yang namanya logistik 'retail management', itu salah satu," tambah Presiden.

Tidak kalah Presiden Joko Widodo juga mempromosikan lowongan belasan ribu pegawai negeri sipil yang dibuka pada bulan ini.

"Pemerintah melakukan rekrutmen PNS banyak sekali, kalau mau daftar cepat-cepat daftar, baik di Kementerian Keuangan banyak sekali, Kementerian Hukum banyak sekali, kementerian-kementerian yang lain banyak sekali, juga di BUMN. Info kemarin ada 17 ribu lowongan pekerjaan BUMN yang bisa dimasuki anak-anak kita terutama Universitas Muhammadiyah Banjarmasin cepat-cepat yang sudah lulus, kalau belum (lulus) mau daftar bagaimana?" ungkap Presiden.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara online periode kedua untuk 61 instansi, yakni 30 kementerian, 30 lembaga negara, dan satu pemerintah daerah, yakni Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, dibuka mulai Senin (11/9) hingga Senin (25/9).

Presiden juga kembali mengingatkan mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur sebagai dasar dan selanjutnya pembangunan sumber daya manusia.

"Ini kita kalah dari Singapura, Malaysia, Vietnam, kalau tidak kita kejar kita kalah dengan negara-negara lain, kita negara besar jangan kita tidak ingat itu," tambah Presiden seperti dilansir Antara.

Selanjutnya Presiden juga mengungkapkan alasan pentingnya mengajak negara-negara Timur Tengah untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kenapa saya berkata Afghanistan, Iran, Kuwait, Yaman investasi ke Indonesia karena kita ingin keseimbangan agar investasi-investasi dari Timur Tengah juga masuk ke Indonesia. Jangan sampai negara ini karena tidak ada keseimbangan yang investasi dan hanya investasi dari Korea Selatan, Jepang, Singapura, China, Amerika, Eropa. Makin banyak, semakin seimbang, semakin baik. Kalau ada apa-apa dengan Jepang, China, kita masih punya yang lain, kalau ada apa-apa dengan Korsel kita masih punya yang lain," tegas Presiden.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin