Bank BTN Raih 5 Penghargaan Indonesia Banking Award 2017

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 14 September 2017 - 21:00 WIB

Dirut PT BTN (Persero) Tbk. Maryono menerima penghargaan The Most Efficient Bank yang diserahkan Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan dalam acara Indonesia Banking Award (IBA) 2017 di Jakarta, Rabu (13/9/2017). (Foto Rizki Meirino)
Dirut PT BTN (Persero) Tbk. Maryono menerima penghargaan The Most Efficient Bank yang diserahkan Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan dalam acara Indonesia Banking Award (IBA) 2017 di Jakarta, Rabu (13/9/2017). (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, meraih lima penghargaan Indonesia Banking Award (IBA) 2107. Penghargaan tersebut kian mengukuhkan optimisme perseroan untuk terus melanjutkan catatan kinerja positif dan mencapai target bisnis perseroan hingga akhir tahun nanti. Optimisme tersebut juga didorong oleh berbagai langkah strategis yang telah dan akan dilakukan Bank BTN.

Penghargaan yang diberikan kepada BTN dalam Indonesia Banking Award (IBA) 2017 menjadi momentum untuk memacu kinerja yang lebih baik hingga akhir tahun ini. Kami menjadi lebih bersemangat untuk bekerja lebih keras lagi dengan apresiasi IBA 2017 yang diberikan kepada Bank BTN, ujar Maryono, Direktur Utama BBTN, usai menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (13/09/2017).

Maryono mengemukakan, penghargaan itu menunjukkan bahwa kinerja perseroan selama ini memperoleh pengakuan dari masyarakat dan juri. Ke depan, lanjut Maryono, pihaknya akan terus menjaga ritme kinerja yang telah tercipta. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan meningkatkan soliditas para jajaran pimpinan Kantor Cabang dan Kantor Wilayah Bank BTN serta menegakkan kepatuhan dan Good Corporate Governance (GCG).

Dengan adanya apresiasi ini, kami takkan berhenti sampai di sini. Kami akan tetap berkomitmen menjadi integrator utama Program Satu Juta Rumah, memacu KPR (kredit pemilikan rumah) Mikro, digital banking, dan melihat peluang untuk menurunkan suku bunga baik simpanan serta kredit sesuai arahan Pemerintah, tukas Maryono.

Pada penyelenggaraan IBA 2017 tersebut, Bank BTN meraih 5 penghargaan sekaligus, antara lain untuk kategori The Most Efficient Bank, The Best Bank in Digital Services, The Best Bank in Retail Banking Services, The Best Sharia Business Unit, dan The Best Bank in Productivity.

Kami optimistis dan menjadi lebih bersemangat untuk mencapai hasil lebih baik pada akhir tahun 2017 ini, imbuh Maryono.

Pada semester kedua 2017, pertumbuhan penyaluran kredit Bank BTN terus melaju. Pada Agustus 2017, Bank BTN telah menyalurkan kredit KPR untuk 22.666 unit rumah atau lebih banyak 62,3% dibandingkan pada Agustus 2016. Akan tetapi secara nilai, penyaluran KPR pada Agustus 2017 tersebut tercatat sebesar Rp3,65 triliun, atau meningkat 66,2% dibandingkan Agustus 2016.

Penyaluran KPR BTN Subsidi pada Agustus 2017 melonjak 90,7% menjadi Rp2,1 triliun dibandingkan pada Agustus 2016. Kemudian, penyaluran KPR BTN Non-subsidi pada Agustus 2017 naik 41,4% menjadi Rp1,54 triliun dibandingkan Agustus 2016.

Pada Agustus ini, kami banyak mengalami peningkatan di hampir seluruh elemen bisnis. Dengan kinerja tersebut, kami yakin target pertumbuhan kredit sebesar 20-22% akan tercapai pada tahun ini, tutur Maryono.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) tersebut juga mengungkapkan, masih ada ruang bagi Bank BTN untuk menurunkan suku bunga baik dana pihak ketiga (DPK) maupun kredit sesuai dengan arahan Pemerintah. Apalagi, Maryono menilai penurunan suku bunga tersebut memiliki dampak berlipat seperti peningkatan daya beli hingga penurunan rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL).

Kami melihat masih ada ruang untuk penurunan itu. Namun, kami berharap ada inisiator agar penurunan bunga ini agar dilakukan seluruh bank secara bersama-sama. Intinya kami akan mendukung itu karena akan membawa suatu kondisi ekonomi yang kondusif yang berujung pada tujuan yang baik bagi semua, pungkas Maryono. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Kamis, 21 September 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Tawarkan Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia menawarkan pelatihan bagi calon personel pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa agar ada standarisasi untuk menjaga perdamaian…