Pabrik Oleokimia Milik Sinar Mas Cepsa Hari Ini Diresmikan

Oleh : Ridwan | Kamis, 14 September 2017 - 16:36 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik oleokimia Sinar Mas Cepsa
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik oleokimia Sinar Mas Cepsa

INDUSTRY.co.id - Dumai, Pabrik oleokimia yang merupakan perusahaan patungan antara Sinar Mas dengan CEPSA hari ini diresmikan. Pabrik dengan nilai investasi mencapai Rp4,77 triliun ini berlokasi di Dusun Nerbit Kecil, Kelurahan Lubuk Gaung, Dumai, Kepulauan Riau.

"Ini adalah pertama kalinya Cepsa memproduksi bahan kimia yang tidak berasal dari minyak, tapi berbasis nabati, lokasi baru, bisnis baru, dan juga pasar yang baru," ungkap Deputy CEO Sinarmas Cepsa, Jose Maria Solana saat peresmian pabrik oleokimia Sinar Mas Cepsa di Dumai, Kepulauan Riau, Kamis (14/9/2017).

Ia menambahkan, pabrik Dumai memiliki kapasitas produksi tahunan 160.000 metrik ton alkohol lemak per tahun, dan akan memproduksi lemak alcohol (fatty alcohol) yang digunakan untuk bahan produksi kosmetik, produk perawatan sehari-hari, pasta gigi, dan deterjen.

"Fokus utama penjualan dari pabrik Dumai adalah pasar-pasar di Asia," terang Jose.

Menurutnya, nilai lebih dari pabrik tersebut bukan saja terletak pada kapasitas produksinya, melainkan juga pada penggunaan teknologi terkini yang mampu menghemat pemakaian energi, bahan baku serta sumber daya alam secara signifikan.

"Pabrik Dumai sepenuhnya telah beroperasi secara mandiri. Selain itu, pabrik ini mampu menghasilkan listrik sendiri, mengolah limbah dan mengelola logistiknya sendiri," katanya.

Sebelumnya, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistyanto mengatakan, teknologi terkini pada proses wood preparation dan cooking dapat menghemat pemakaian kayu hingga 751.000 green ton per tahun. Sementara teknologi dalam proses washing dan bleaching menghemat penggunaan air hingga 38.000.000 m3 per tahun.

Ia menilai keberadaan pabrik ini akan mengirimkan pesan yang positif akan potensi dari industri berbasis kehutanan Indonesia serta kemampuannya beroperasi secara berkelanjutan.

Lebih lanjut, Sulistiyanto menyampaikan, keberadaannya menciptakan lapangan kerja untuk 3.450 orang dan lapangan kerja tidak langsung 7.000 orang dan dapat terus bertambah.
"Sementara devisa nasional yang dapat diraih nanti sebanyak Rp14,84 triliun per tahun, dengan potensi  pajak sebesar sekitar Rp3,79 triliun," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…