Suku Bunga Simpanan Mengecil, Deposan Angkat Kaki dari Perbankan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 September 2017 - 14:48 WIB

Ilustrasi deposito perbankan
Ilustrasi deposito perbankan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Penurunan rata-rata suku bunga simpanan perbankan 22 bps berdampak positif terhadap cost of fund atau beban biaya perbankan kedepannya. Namun jika  suku bunga simpanan digunting perbankan, berdampak negative bagi keberlangsugan dana pihak ketiga terutama perbankan yang komposisi depositonya mayoritas ketimbang dana murah atau tabungan biasa.

“Sebetulnya suku bunga deposito turun itu sesuai dengan BI 7 Day Reserve Repo Rate (RRR), LPS lihat sinyal tren suku bunga simpanan turun yang LPS memper cepat proses penurunan tersebut,”kata Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Keuntungan suku bunga simpanan rendah, lanjut Halim dapat memperbaiki struktur cost of fund perbankan, sehingga perbankan tidak lagi dibuat pusing beban biaya bunga untuk simpanan terlalu tinggi, yang imbasnya jika bunga dana tinggi berpengaruh ke bunga kredit yang juga mahal.

Meskipun diketahui bunga kredit sudah ada yang single digit,namun belum semua segmen turun karena masih banyak segmen lain yang bunga kreditnya double digit.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan mengakui apabila suku bunga simpanan turun, maka peluang ini akan dinikmati oleh pasar modal. Rata-rata suku bunga deposito kisran 6,5%.

Peluang pasar modal menampung peralihan dana deposito, jika dilihat imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) untuk jangka panjang saja mencapai 8% sedangkan yang jangka pendek 5,6%.

“Kalau deposito di perbankan Indonesia turun, memang mau parkir di mana? Bank global juga sudah turun bunga depositonya. Maka bisa jadi akan beralih ke pasar modal,” katanya.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenpar Tetapkan 100 Event Berskala Internasional (Foto Dije)

Selasa, 26 September 2017 - 14:12 WIB

Kemenpar-Kemenkes Kembangkan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk mengembangkan Pariwisata Kesehatan Internasional melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)…

PT Bayu Buana Tbk

Selasa, 26 September 2017 - 14:11 WIB

Bayu Buana Targetkan Penjualan Tiket Rp 70 Miliar Hingga Akhir Tahun

PT Bayu Buana Travel Tbk menargetkan total pendapatan Rp 70 miliar dari penjualan tiket dan paket pariwisata hingga akhir 2017.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 26 September 2017 - 14:07 WIB

Indonesia Siap Pasok Delapan Juta Ton Minyak Sawit ke Eropa

Indonesia siap memasok minyak sawit lestari hingga 8 juta ton ke pasar Eropa untuk memenuhi permintaan di kawasan tersebut yang diperkirakan mencapai 6 juta ton pada 2020.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Selasa, 26 September 2017 - 14:05 WIB

Menperin Airlangga: Harga Gas Blok Masela Masih Belum Cocok

Pemerintah akan memberikan insentif untuk industri yang akan menggunakan dan membeli gas di Blok Masela. Meski akan diberikan insentif tetap saja belum ada industri yang menyatakan tertarik…

Ilustrasi Apartemen (Ilustrasi)

Selasa, 26 September 2017 - 14:01 WIB

Kebijakan Infrastrutur Pemerintah di Jalur Tepat

CEO dan komisaris perusahaan pengembang Crown Group, Iwan Sunito menyatakan kebijakan di sektor infrastruktur yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.