Suku Bunga Simpanan Mengecil, Deposan Angkat Kaki dari Perbankan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 September 2017 - 14:48 WIB

Ilustrasi deposito perbankan
Ilustrasi deposito perbankan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Penurunan rata-rata suku bunga simpanan perbankan 22 bps berdampak positif terhadap cost of fund atau beban biaya perbankan kedepannya. Namun jika  suku bunga simpanan digunting perbankan, berdampak negative bagi keberlangsugan dana pihak ketiga terutama perbankan yang komposisi depositonya mayoritas ketimbang dana murah atau tabungan biasa.

“Sebetulnya suku bunga deposito turun itu sesuai dengan BI 7 Day Reserve Repo Rate (RRR), LPS lihat sinyal tren suku bunga simpanan turun yang LPS memper cepat proses penurunan tersebut,”kata Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Keuntungan suku bunga simpanan rendah, lanjut Halim dapat memperbaiki struktur cost of fund perbankan, sehingga perbankan tidak lagi dibuat pusing beban biaya bunga untuk simpanan terlalu tinggi, yang imbasnya jika bunga dana tinggi berpengaruh ke bunga kredit yang juga mahal.

Meskipun diketahui bunga kredit sudah ada yang single digit,namun belum semua segmen turun karena masih banyak segmen lain yang bunga kreditnya double digit.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan mengakui apabila suku bunga simpanan turun, maka peluang ini akan dinikmati oleh pasar modal. Rata-rata suku bunga deposito kisran 6,5%.

Peluang pasar modal menampung peralihan dana deposito, jika dilihat imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) untuk jangka panjang saja mencapai 8% sedangkan yang jangka pendek 5,6%.

“Kalau deposito di perbankan Indonesia turun, memang mau parkir di mana? Bank global juga sudah turun bunga depositonya. Maka bisa jadi akan beralih ke pasar modal,” katanya.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)

Senin, 20 November 2017 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi: Berikan Politik Beretika Kepada Generasi Muda

Presiden Joko Widodo berharap kepada para senior PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat), FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri) dan Yayasan Suluh Nuswantara…

Menteri perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan NU Expo di Surabaya

Senin, 20 November 2017 - 15:47 WIB

Kemenperin Akan Kembangkan Kawasan Industri Halal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengembangkan kawasan industri halal di dalam negeri. Hal ini seiring besarnya permintaan produk halal di masyarakat.

Mastercard luncurkan priceless causes

Senin, 20 November 2017 - 15:34 WIB

Berdayakan Pemegang Kartu Untuk Saling Berbagi, Mastercard Luncurkan Priceless Causes

Mastercard meluncurkan Priceless Causes di Indonesia guna memberdayakan para pemegang kartu kredit Mastercard untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kasus Setya Novanto Tamparan Bagi Golkar di Mata Rakyat

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi menilai, sikap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang melakukan tindakan melawan hukum merupakan tamparan bagi partai…

Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang (Foto:metaonline.id)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kampung Berkelir, Kampung Wisata di Tangerang yang Ngehits

Saat ini, begitu banyak kampung yang disulap menjadi kampung wisata salah satunya adalah Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Kampung Bekelir sebagai Kampung Wisata tidak…