Daya Beli Dukung Peningkatan Penyerapan Kredit Pada 2018

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 September 2017 - 14:15 WIB

Ilustrasi Bank (Kompas.com)
Ilustrasi Bank (Kompas.com)

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan pertumbuhan ekonomi dan daya beli tahun depan akan mengerek percepatan penyaluran kredit. Tahun depan diperkirakan kredit perbankan mampu tumbuh 13-14%.

Halim Alamsyah,Ketua Dewan Komisioner LPS mengatakan, selain factor pertumbuhan ekonomi tahun depan yang postif di kisaran 5,3-5,5%, pertumbuhan kredit tahun depan ditopang pula oleh adanya tren stabilitas inflasi.

“Soal angka kredit tahun depan saya enggak tahu, tapi apa yang disinyalir Bank Indonesia tahun depan kredit akan membaik,”kata dia di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Menurut mantan deputi BankIndonesia ini, pendorong kredit naik juga dipengaruhi adanya daya beli yang membaik tahun depan.Sehingga kredit mampu double digit pada 2018. Padahal kondisi penyaluran kredit hingga akhir tahun 2017, diperkirakan hanya mampu tumbuh 9%.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, diperkirakan perbankan tidak lagi banyak menempatkan dananya di Bank Indonesia pada tahun depan.

“Bank siap-siap melepaskan penempatan dana di BI, saya kira BI juga akan melonggarkan kebijakan moneter,”jelas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gulai Lemea, Kuliner Khas Ramadan Suku Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu (Ist)

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:30 WIB

Mencicipi Gulai Lemea, Kuliner Lezat Khas Bengkulu Saat Ramadan

Indonesia, kaya akan keanekaragam kuliner yang lezat seperti kuliner khas Suku Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yakni Gulai "Lemea" yang saat ini banyak dicari oleh kalangan…

Memasuki pekan kedua Ramadan, Pertamina mencatat konsumsi LPG menunjukkan peningkatan 5% dari rata-rata konsumsi normal.

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:30 WIB

Jelang Lebaran 2018, Pertamina Bentuk Satgas BBM dan LPG

Pertamina memproyeksikan selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2018 konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji harian secara nasional naik rata-rata 15% bila dibandingkan dengan hari biasanya.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:28 WIB

IHSG Jumat Ditutup Menguat 29,20 Poin

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, ditutup menguat sebesar 29,20 poin seiring dengan kondisi pasar yang mulai pulih.

Memasuki pekan kedua Ramadan, Pertamina mencatat konsumsi LPG menunjukkan peningkatan 5% dari rata-rata konsumsi normal.

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:14 WIB

Pertamina: Selama Ramadhan Konsumsi LPG Meningkat Lima Persen

PT Pertamina (Persero) telah mengantisipasi peningkatan konsumsi LPG selama Ramadan hingga mudik Idul Fitri dengan menambah pasokan sejak awal Ramadan. Memasuki pekan kedua Ramadan, Pertamina…

Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:00 WIB

Paripurna DPR Antiklimaks Setujui RUU Terorisme

Rapat paripurna pengambilan keputusan atas revisi Rancangan Undang Undang Tindak Pidana Terorisme seakan antiklimaks tanpa adanya interupsi dan perdebatan, akhirnya secara aklamasi menyetujui…