Daya Beli Dukung Peningkatan Penyerapan Kredit Pada 2018

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 September 2017 - 14:15 WIB

Ilustrasi Bank (Kompas.com)
Ilustrasi Bank (Kompas.com)

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan pertumbuhan ekonomi dan daya beli tahun depan akan mengerek percepatan penyaluran kredit. Tahun depan diperkirakan kredit perbankan mampu tumbuh 13-14%.

Halim Alamsyah,Ketua Dewan Komisioner LPS mengatakan, selain factor pertumbuhan ekonomi tahun depan yang postif di kisaran 5,3-5,5%, pertumbuhan kredit tahun depan ditopang pula oleh adanya tren stabilitas inflasi.

“Soal angka kredit tahun depan saya enggak tahu, tapi apa yang disinyalir Bank Indonesia tahun depan kredit akan membaik,”kata dia di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Menurut mantan deputi BankIndonesia ini, pendorong kredit naik juga dipengaruhi adanya daya beli yang membaik tahun depan.Sehingga kredit mampu double digit pada 2018. Padahal kondisi penyaluran kredit hingga akhir tahun 2017, diperkirakan hanya mampu tumbuh 9%.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, diperkirakan perbankan tidak lagi banyak menempatkan dananya di Bank Indonesia pada tahun depan.

“Bank siap-siap melepaskan penempatan dana di BI, saya kira BI juga akan melonggarkan kebijakan moneter,”jelas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…

Presiden Jokowi bersama Panglima TNI dan Kapolri (Foto Setkab)

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:15 WIB

Rapim TNI/ Polri Dukung Kebijakan Pemerintah

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan rapat pimpinan (Rapim) TNI/Polri 2018 yang digelar guna memantapkan profesionalitas dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah.