Daya Beli Dukung Peningkatan Penyerapan Kredit Pada 2018

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 September 2017 - 14:15 WIB

Ilustrasi Bank (Kompas.com)
Ilustrasi Bank (Kompas.com)

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan pertumbuhan ekonomi dan daya beli tahun depan akan mengerek percepatan penyaluran kredit. Tahun depan diperkirakan kredit perbankan mampu tumbuh 13-14%.

Halim Alamsyah,Ketua Dewan Komisioner LPS mengatakan, selain factor pertumbuhan ekonomi tahun depan yang postif di kisaran 5,3-5,5%, pertumbuhan kredit tahun depan ditopang pula oleh adanya tren stabilitas inflasi.

“Soal angka kredit tahun depan saya enggak tahu, tapi apa yang disinyalir Bank Indonesia tahun depan kredit akan membaik,”kata dia di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Menurut mantan deputi BankIndonesia ini, pendorong kredit naik juga dipengaruhi adanya daya beli yang membaik tahun depan.Sehingga kredit mampu double digit pada 2018. Padahal kondisi penyaluran kredit hingga akhir tahun 2017, diperkirakan hanya mampu tumbuh 9%.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, diperkirakan perbankan tidak lagi banyak menempatkan dananya di Bank Indonesia pada tahun depan.

“Bank siap-siap melepaskan penempatan dana di BI, saya kira BI juga akan melonggarkan kebijakan moneter,”jelas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)

Senin, 20 November 2017 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi: Berikan Politik Beretika Kepada Generasi Muda

Presiden Joko Widodo berharap kepada para senior PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat), FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri) dan Yayasan Suluh Nuswantara…

Menteri perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan NU Expo di Surabaya

Senin, 20 November 2017 - 15:47 WIB

Kemenperin Akan Kembangkan Kawasan Industri Halal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengembangkan kawasan industri halal di dalam negeri. Hal ini seiring besarnya permintaan produk halal di masyarakat.

Mastercard luncurkan priceless causes

Senin, 20 November 2017 - 15:34 WIB

Berdayakan Pemegang Kartu Untuk Saling Berbagi, Mastercard Luncurkan Priceless Causes

Mastercard meluncurkan Priceless Causes di Indonesia guna memberdayakan para pemegang kartu kredit Mastercard untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kasus Setya Novanto Tamparan Bagi Golkar di Mata Rakyat

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi menilai, sikap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang melakukan tindakan melawan hukum merupakan tamparan bagi partai…

Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang (Foto:metaonline.id)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kampung Berkelir, Kampung Wisata di Tangerang yang Ngehits

Saat ini, begitu banyak kampung yang disulap menjadi kampung wisata salah satunya adalah Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Kampung Bekelir sebagai Kampung Wisata tidak…