DPR Segera Bentuk Panja Kasus Bayi Debora

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 September 2017 - 04:21 WIB

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka (Foto Ist)
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisi IX DPR RI segera membentuk Panitia Kerja (Panja) Pelayanan Kesehatan untuk mengungkap persoalan pelayanan rumah sakit dan meninggalnya bayi Debora di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres Jakarta.

"Panja akan mengundang semua pihak terkait untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya secara konprehensif," kata anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh pada diskusi "Kasus Bayi Debora" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (12/9/2017)

Menurut Nihayatul yang akrab disapa Ninik, Panja akan mengundang semua pihak antara lain, keluarga Debora, pimpinan Rumah Sakit Mitra Keluarga, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan Kementerian Kesehatan.

Dari semua penjelasan yang disampaikan para pihak, katanya, Panja, akan membuat rekomendasi sanksi apa yang akan diberikan kepada pihak rumah sakit.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan dalam UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan sudah mengamanahkan secara tegas, bahwa rumah sakit tidak boleh menolak pasien.

"Rumah sakit yang menolak pasien, apalagi sampai menyebabkan kematian, maka akan diberi sanksi pidana," katanya.

Ninik menegaskan, tindakan pihak RS Mitra Keluarga telah melanggar UU Kesehatan.

Pemilik rumah sakit, menurut dia, seharusnya sudah memahami amanah UU Kesehatan, sejak mendapat izin pendirian rumah sakit.

"Amanah UU tersebut agar jangan diabaikan begitu saja," katanya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menambahkan, pendirian sebuah rumah sakit, tujuannya bukan hanya komersial tapi harus seimbang dengan tujuan sosial kemanusiaan.

Menurut dia, pemilik rumah sakit seharusnya sudah memahami UU Kesehatan.

"Meskipun pihak rumah sakit menyatakan, sudah meminta maaf dan mengembalikan biaya BPJS, tapi persoalan yang menyebabkan kematian bayi Deborah ini belum selesai," katanya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan, kematian Bayi Deborah yang gagal dilayani di ruang PICU, menunjukkan kelalaian pihak rumah sakit.

Sementara itu Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka mendesak aparat kepolisian mengusut tuntas kasus bayi Tiara Debora  Simanjorang (4 bulan) yang meninggal dunia diduga karena keterlambatan penanganan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

"Tindakan rumah sakit tidak segera memasukkan dan merawat pasien di ruang PICU sesuai indikasi medis karena faktor biaya sehingga menyebabkan pasien meninggal dunia adalah kebijakan tidak manusiawi dan melanggar hukum," kata anggota DPR Rieke Diah Pitaloka di Jakarta, Selasa.

Menurut Rieke, kebijakan rumah sakit diduga telah melanggar berbagai Peraturan-Perundang-Undangan antara lain: UU 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional Pasal 23 Ayat (2). Kemudian juga melanggar UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 32 Ayat (1) dan (2) dan Pasal 190 ayat 1 dan 2 dan pasal yang berhubungan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…