SMESCO Gandeng UMN Kembangkan Kewirausahaan

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 12 September 2017 - 13:19 WIB

Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi saat penandatanganan MoU bersama UMN.
Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi saat penandatanganan MoU bersama UMN.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perkembangan kewirausahaan kian maju dan bervariasi. Selain pelaku usaha mikro kecil dan menengah bermunculan, kini bisnis online pun sudah menjadi tren. Bahkan, toko-toko online semakin marak.

Karena itu, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) atau SMESCO RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UMKM) sebagai lembaga teknis Kementerian Koperasi dan UKM bakal terus memasarkan produk koperasi dan UMKM, baik untuk pasar domestik maupun mancanegara.

’’Ya, salah satunya kami menggandeng Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai mitra kerja baru untuk mengembangkan kewirausahaan dan mendukung SMESCO sebagai tulang punggung dan menjadikan laboratorium kewirausahaan,’’ ujar Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi di sela-sela pembukaan Festival Budaya Nusantara 2017 di kampus UMN, Selasa (12/9/2017)

Bahkan, kata Emilia, kerja sama tersebut diperkuat dengan nota kesepahaman yang bertujuan untuk sinergi dan menyelaraskan program dan kegiatan kewirausahaan kemahasiswaan di bidang KUMKM.

Selain itu, kata Emilia, UMN yang berbasis IT sepakat bersama SMESCO mempersiapkan technopreneur yang potensial dan menjadikan SMESCO Gallery Indonesia WOW sebagai laboratorium kewirausahaan. ’’SMESCO bersama UMN juga akan menjalin dan mengembangkan hubungan bisnis para start-up entrepreneur,’’ kata Emilia.

Dia menambahkan, Festival Budaya Nusantara yang berlangsung sejak Senin (11/9) sampai Jumat (15/9) diharapkan menjadi momen kebangkitan dan semangat pembelaan terhadap produk karya anak bangsa agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

’’Dengan membeli produk Indonesia, berarti kita telah membantu pelaku usaha untuk terus hidup dan berkembang, serta dapat memiliki daya saing di pentas nasional dan global,’’ ujar Emilia.

Selain itu, menurut Emilia, SMESCO juga membuka stand di acara Festival Budaya Nusantara. ’’Dalam kesempatan tersebut kami juga memasarkan produk-produk terbaik yang di-display di Galeri Indonesia WOW,’’ kata Emilia.

Contohnya, produk yang ditawarkan adalah dari Anjungan Kalimantan Utara, Anjungan Jambi, Anjungan Lampung, Anjungan Sulawesi Barat, Anjungan DIY, Anjungan NTT, sampai produk-produk terbaik dari Suku Badui.

Emilia berharap, acara Festival Budaya Nusantara 2017 dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan produk para pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di tanah air.

’’Jadi, kontribusi terhadap perekonomian Indonesia semakin signifikan dan dapat lebih berdaya saing di era perdagangan bebas ASEAN,’’ tandasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…