Kereta Api Wisata Ini, Berikan Sensasi Berbeda Pada Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 September 2017 - 12:40 WIB

Kereta Api Wisata (Istimewa)
Kereta Api Wisata (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan dukungannya untuk memperkuat sektor pariwisata dengan memfasilitasi Kereta Api Wisata. Dengan ini, kereta tesebut siap memberikan dukungan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Baik pergerakan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Presiden Direktur PT KA Wisata Totok Suryono mengatakan, Kereta Api Pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan di Indonesia.

"Kereta Api Pariwisata ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan, sehingga mereka punya pilihan dalam melakukan perjalanan ataupun pilihan dalam menggunakan kereta api itu sendiri," ujar Totok, seperti dikutip dari facebook Kemenpar, Selasa (12/9/2017)

Lebih lanjut Totok mengatakan, bukan sekadar sebagai alat transportasi, namun KA Wisata juga memberikan pengalaman berwisata yang lebih bagi wisatawan.

"Kita punya produk khusus yang berbeda dengan kereta api yang sudah ada. Sehingga apabila wisatawan baik nusantara ataupun mancanegara inginkan angkutan dengan layanan yang lebih saat ini sudah ada," ujar Totok.

Bedanya dengan kereta pada umumnya, Kereta Api Wisata memiliki tujuh tipe yang bisa dipilih wisatawan. Salah satunya adalah Kereta Wisata Nusantara, kereta dengan desain interior dan segala pernak-pernik yang menggambarkan seni dan keindahan dari pelosok Nusantara.

Kereta dengan kapasitas 19 orang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan. Seperti tempat tidur, karaoke, mini bar dan toilet.

Begitu juga dengan kereta Wisata Bali. Kereta ini memiliki interior yang kental dengan nuansa budaya Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan ukiran serta lukisan yang bernuansakan eksotika Pulau Dewata.

"Ada juga Kereta Wisata Toraja dan Kereta Wisata Sumatra. Semuanya memiliki kenikan desain interior masing-masing," ujar Totok.

Jika lima tipe kereta wisata tersebut diharuskan dipesan untuk satu gerbong secara keseluruhan, maka kereta wisata Priority dan Imperial bisa dipesan secara individual.

Kereta seri ini dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalan dapat menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video.

"Dengan desain khusus untuk memberikan perjalanan jarak jauh yang tak terlupakan bagi para penumpangm lengkap dengan kenyamanan tempat duduknya. Dua tipe ini juga dilengkapi dengan karaoke, restorasi, mini bar, recline seat dan toilet," ujar Totok.

Untuk saat ini Kereta Api Wisata melayani perjalanan dari Jakarta menuju Solo dan Yogyakarta. Kereta berangkat dari Jakarta pada Jumat malam dan kembali pada Minggu malam. "Ke depan kita akan membuka jalur baru ke Surabaya," kata Totok.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, mengatakan Kereta Api Wisata yang dapat memberikan pilihan bagi wisatawan dalam menikmati perjalanan dalam menuju satu destinasi.

"Tentunya saya berharap kereta api tidak hanya mendorong wisatawan dalam provinsi tapi antarprovinsi. Wisatawan mancanegara pun akan mendapat pengalaman yang lebih dalam berwisata," ujar Esthy.

Ia pun mendorong Kereta Api Wisata dapat membuat paket-paket perjalanan yang dapat ditawarkan kepada wisatawan. "Tidak hanya leisure, tapi juga bisa di-create wisata MICE," ujar Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dukungan yang dilakukan Kereta Api Wisata dalam menunjang pariwisata tanah air. Kehadiran Kereta Api Wisata memberikan pilihan dan sajian berbeda bagi wisatawan.

Wisatawan tidak hanya dapat menikmati pemandangan yang indah dari jendela kereta, tapi mereka juga mendapat kenyamaman lebih dalam layanan, ujar Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:14 WIB

Bank Mandiri Syariah Berharap Dapat Ruang Besar Untuk Biayai Infrastruktur

Jakarta-Bank Mandiri Syariah mengharapkan diberikan ruang yang cukup lebar untuk terlibat pada pendanaan proyek-proyek infrastruktur yang digagas pemerintah.

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…