Menhub Minta Pelindo III Kembangkan Pelabuhan Waingapu

Oleh : Herry Barus | Senin, 11 September 2017 - 08:27 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto Istimewa)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Sumba Timur- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Pelindo III untuk meningkatkan fasilitas Pelabuhan Waingapu, guna memberikan pelayanan efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang.

Menhub menjelaskan melalui kerja sama pengoperasian Pelabuhan Waingapu dan Pelindo III yang ditandatangani pada Minggu (10/9/2017)

Pelabuhan Waingapu dapat dikembangkan dengan memperpanjang dermaga serta meningkatkan peralatan seperti investasi crane agar kapal yang datang lebih banyak dan kegiatan bongkar muat lebih cepat.

"Jangan lagi di sini satu sampai tiga hari, kita maunya setengah hari selesai dan banyak kapal-kapal yang datang ke sini. Untuk itu Pelindo harus menginvestasi alat crane sehingga kapasitasnya lebih banyak dan lebih cepat," kata Menteri Budi Karya di Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu.

Ia menjelaskan kerja sama ini juga bertujuan mengoptimalkan penggunaan dana APBN pada sejumlah sektor transportasi di daerah terluar, terdepan dan strategis.

Kontrak kerja sama Pelabuhan Waingapu dengan Pelindo III tentang pemanfaatan barang milik negara ini akan berlaku selama 30 tahun mendatang.

Menhub juga meminta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor-faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu.

Ia juga berharap kerja sama dengan PT Pelindo III ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Sumba Timur.

Pelabuhan Waingapu saat ini memiliki dua dermaga, Dermaga Nusantara II berukuran 120 m x 12 m yang dilengkapi dengan trestle seluas 80 m x 10 m serta lapangan penumpukan seluas 88 m x 21 m ditambah pelebaran 62 m.

Kedua, dermaga Pelra II seluas 70 m x 10 m yang dilengkapi tiga lapangan penumpukan. Lapangan penumpukan pertama seluas 100 m x 63 m, lapangan penumpukan kedua seluas 27 m x 18 m, lapangan penumpukan ketiga seluas 44 m x 18 m dan Gudang seluas 30 m x 18 m. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…