Maestro Lukis Bali Nyoman Gunarsa Meninggal Dunia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 September 2017 - 16:07 WIB

Maestro Lukis Bali Nyoman Gunarsa Meninggal Dunia (Foto Ist)
Maestro Lukis Bali Nyoman Gunarsa Meninggal Dunia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Maestro seni lukis Bali Dr (HC) I Nyoman Gunarsa (73) meninggal dunia dalam perawatan intensif di ruang wing Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, Minggu siang (10/9/2017)

"Pak Gunarsa menjalani perawatan intensif sejak tiga hari lalu akibat penyakit jantung," kata Made Wija, salah seorang karyawan 'Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa' kepada Antara di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, Nyoman Gunarsa mengembuskan napas terakhir pada pukul 11.30 Wita dan jenazah kini disemayamkan di rumah duka di Jalan Raya Banda Nomor 1-Takmung, Angkan, Kabupaten Klungkung, atau sekitar 45 km arah timur Kota Denpasar.

Almarhum meninggalkan seorang istri Indrawati Gunarsa, tiga anak (seorang putra dan dua putri), serta tujuh cucu dari ketiga putra-putrinya yang telah berumah tangga itu.

Made Wija menjelaskan, pihak keluarga masih melakukan koordinasi dengan pendeta untuk menentukan "duasa" (hari baik) untuk melakukan ritual pengabenan (pembakaran jenazah) bagi mantan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu.

Sang maestro yang sukses menggelar pameran di tingkat nasional dan internasional itu semula tampak sehat-sehat saja, termasuk pada 4 Agustus 2017 saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berkenan mengunjungi "Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa" di Kabupaten Klungkung, Bali.

Seniman yang karya lukisannya sering diilhami oleh cerita rakyat Bali dan legenda Hindu Dharma itu membangun museum sekitar tahun 1990 di atas hamparan lahan yang cukup luas dengan ratusan koleksi lukisan, keris, dan benda-benda lainnya yang mempunyai nilai seni dan sejarah.

Ketika berkunjung ke Museum Gunarsa di desa kelahiran sang maestro seni lukis Bali itu, Presiden Jokowi sempat menyebutkan ia pernah mengundang Nyoman Gunarsa beserta ibu ke Istana Kepresidenan pada 3 April 2017.

"Beliau menunjukkan sebuah foto lukisan besar yang diberi judul Jokowi Minum Jamu. Yang saya heran kok Pak Nyoman tahu bahwa saya suka minum jamu, lalu beliau juga meminta saya untuk melihat museum," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.