Panen Tembakau di Pamekasan Diperkirakan Jatuh Pada Bulan September

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2017 - 15:42 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan- Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan memperkirakan panen raya tembakau di wilayah tersebut baru akan teriaslisasi sekitar akhir September 2017 mendatang.

"Panen raya tembakau di Pamekasan diperkirakan terjadi akhir September 2017," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan Isye Windarti, Rabu (6/9/2017).

Bahkan, panen tembakau kali ini masih dikisaran 45%, khususnya hingga akhir Agustus 2017 lalu. "Areal tanam tembakau tahun ini seluas 23.690 hektar, sementara yang sudah selesai dipanen seluas 11.485 hektar. Artinya sampai sekarang belum separuh luas lahan yang mulai panen," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai saat ini panen tembakau terbilang terlambat akibat faktor cuaca. "Sekarang tanamnya juga lambat akibat hujan yang masih turun di awal musim lalu," jelasnya.

Namun pihaknya berharap kondisi harga tembakau tetap stabil sekalipun musim panen jauh lebih lambat dari perkiraan. "Tentu kami berharap harga tembakau tidak mengalami penurunan hingga akhir panen, sehingga petani tidak mengalami kerugian seperti sebelumnya," harapnya.

Saat ini sebagian petani mulai panen tembakau dan sebagian di antara mereka juga sudah ada yang menjual ke sejumlah gudang yang berada di beberapa titik di Pamekasan. Kemungkinan besar penjualan akan mengalami peningkatan di akhir September 2017 nanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Ampera Palembang

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:02 WIB

Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1962 dan selesai tahun 1965 tersebut memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…