Pebisnis e-commerce Mulai Incar Pasar Halal Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 07 September 2017 - 10:34 WIB

Resmi Diluncurkan, Mise.id ecommerce asal Jepang Targetkan 1 juta Pengusaha Toko Online (Foto: Ahmad Fadli/Industry.co.id)
Resmi Diluncurkan, Mise.id ecommerce asal Jepang Targetkan 1 juta Pengusaha Toko Online (Foto: Ahmad Fadli/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berdasarkan data sensus ekonomi 2016 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), industri e-commerce di Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17 persen dengan total sekitar 26,2 juta usaha.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menyebutkan, nilai bisnis e-commerce di Indonesia pada tahun 2015 saja mencapai  3,56 miliar dolar AS atau setara Rp 46 triliun. Jumlah tersebut diyakini akan terus berkembang pesat hingga 2020 mendatang. Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia juga ditandai dengan pertumbuhan jumlah toko online dan marketplace yang kian agresif.

Laporan Global Islamic Economy Report 2015-2016 menunjukkan pasar produk syariah atau produk halal di dunia bernilai lebih dari US$ 1 Trilliun. Pasar tersebar pada produk makanan dan minuman, fashion, farmasi, kosmetik, wisata halal, hingga perbankan. Indonesia sendiri memiliki daya saing dibanding industri sejenis di luar negeri dalam memasarkan produk halal karena didukung pasar dalam negeri yang besar.

"Ke depan, dunia akan serba digital, termasuk aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup," kata Ndang Sutisna, Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal pengelola duniahalal.com.

Indonesia dinilai memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan jumlah penduduk dan tingkat ekonomi yang terus bergerak maju, bisnis e-commerce khususnya belanja online akan terus tumbuh.

Melihat peluang tersebut pihaknya melalui PT Galaksi Dunia Halal mendirikan Duniahalal.com yang merupakan e-commerce berbasis halal pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk halal. Masyarakat diberikan kemudahan untuk berbelanja di duniahalal.com. Mereka cukup dengan mengunjungi situsnya lewat ponsel.

Produk yang dijual pun beragam, mulai dari busana muslim, Makanan dan Minuman, Produk Herbal, Elektronik, Kebutuhan Ibu dan Anak, Rumah Tangga, Lukisan, Kaligrafi, wisata halal, haji dan umrah hingga Otomotif. Pihaknya juga akan memberdayakan usaha kecil menengah  yang fokus pada penjualan produk halal. "Kami tidak fokus ke harga murah tapi margin keuntungan yang tidak besar," kata Ndang.

D Tahun pertama, duniahalal.com menargetkan memiliki produk sebanyak 100 ribu jenis dengan nilai transaksi sebesar Rp 1 triliun.  Indonesia, dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 261 juta jiwa dan mayoritas adalah pemeluk agama Islam yang  terbesar di dunia. "Penganut Islam ini sebuah potensi ekonomi yang sangat besar," kata Agung Sr, Managing Director duniahalal.com.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…