Presiden Jokowi Dijadwalkan Serahkan Benih Bibit Padi Unggul

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 September 2017 - 10:39 WIB

Petani Padi (Ilustrasi)
Petani Padi (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo direncanakan menyerahkan bantuan benih bibit padi unggul jenis IPB-3S kepada sejumlah kepala daerah yang telah berkomitmen dalam pengembangan varietas tersebut di daerahnya.

Bantuan benih bibit padi unggul IPB-3S diserahkan pada rangkaian Sidang Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-54 IPB, di Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017)

Varietas padi IPB-3S merupakan hasil inovasi dari Dr Hajrial Aswidinoor, peneliti dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, dan sudah diresmikan sejak lima tahun yang lalu melalui SK Menteri Pertanian tentang pelepasan varietas.

Keunggulan dari varietan IPB-3S adalah panen rata-rata tujuh ton per hektare, potensi bisa sampai 11,2 ton per hektare, tahan hama tungro, baik ditanam pada lahan irigasi atau tadah hujan, dan jumlah gabah per malai kurang lebih 223 butir.

Dalam Sidang Terbuka Dies Natalis IPB yang mengangkat tema "Pengarusutamaan Pertanian untuk Kedaulatan Pangan Indonesia", Presiden Jokowi menyampaikan orasinya.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto MSc mengatakan tahun menentukan IPB berperan sebagai penggerak prima pengarusutamaan pertanian dalam pembangunan di Indonesia.

"Dalam kegiatan Dies Natalis ke-54 IPB ini, kami menginginkan agar para pemangku kebijakan dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menempatkan isu dan persoalan pertanian dan pangan ini menjadi fokus bersama demi terwujud kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia," kata Herry kepada awak media di Bogor.

Herry menegaskan momentum Dies Natalis ke-54 IPB juga diharapkan dapat diisi dengan rangkaian kegiatan yang dapat membawa seluruh sivitas akademika, para alumni, para pemangku kepentingan, dan masyarakat Indonesia untuk dapat mengingat kembali sejarah dan latar belakang berdiri IPB.

Ia mengatakan, IPB didirikan dengan gagasan dan visi para pendiri bangsa Indonesia yang memandang bahwa pendidikan tinggi pertanian amat penting dalam mewujudkan bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.

"Melalui pendidikan pertanian, akan dihasilkan teknologi budi daya yang baik, inovasi teknologi pertanian, dan berbagai pemikiran sebagai dasar kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani," kata Herry.

Lebih lanjut Herry mengatakan, IPB dituntut untuk memberikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa pada khususnya maupun umat manusia pada umumnya.

"IPB juga harus selalu meningkatkan relevansi program akademik yang dijalankannya," kata Herry.

Karena itu, lanjutnya, IPB telah menetapkan agenda riset yang meliputi pangan, energi, ekologi, penanggulangan kemiskinan dan biomedis.

Menurutnya, dengan agenda riset ini, IPB dapat lebih mudah mengarahkan tema penelitian sehingga konvergen untuk menghasilkan inovasi dan rekomendasi kebijakan yang berguna dalam memberikan solusi bagi berbagai persoalan bangsa.

"IPB menyadari bahwa inovasi merupakan bagian yang sangat penting dalam era global," katanya lagi.

Herry menambahkan, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, IPB selalu berkomitmen tinggi untuk menghasilkan inovasi yang berguna untuk bangsa dan negara.

"Karena inovasi telah terbukti menjadi penggerak perekonomian di banyak negara," kata Herry.

Sidang terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-54 IPB dihadiri sejumlah pejabat dan berbagai instansi, selain ribuan akademisi IPB baik mahasiswa maupun dosen.

Tampak hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…