Grup Slank Tur Merajut Kebangsaan Di Empat Pesantren

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 06 September 2017 - 08:10 WIB

Grup Band Slank Siapkan Tur ke Empat Pesantren
Grup Band Slank Siapkan Tur ke Empat Pesantren

INDUSTRY.co.id - Grup musik papan atas Slank kembali akan  menggelar tur ke beberapa  pesantren-pesantren di Indonesia. Setelah sukses pada tahun 2012  dengan mengunjungi 57 pesantren, tur yang bertajuk “Merajut Kebangsaan”  ini bakal singgah ke empat kota,  Ciamis, Brebes, Batang, dan Mojokerto. Tur mulai dilaksanakan pada 13 hingga 17 September 2017 mendatang.

Menurut  Bimbim, grup band Slank  senang bisa menggelar tur ke pesantren lagi. Kegiatan ini banyak manfaatnya tidak hanya  bagi santri pesantren, tetapi juga bagi dirinya  Kaka, Ridho, Ivan, Bimbim, serta Abdee. "Senang bisa tur pesantren lagi. Kami ingin berbagi pesan kebangsaan, mau berbagi ilmu. Menghibur, sekaligus silaturahmi," kata Bimbim Slank saat jumpa pers di Potlot, Jakarta Selatan, Selasa (5/8).

Empat pesantren yang dikunjungi nanti yakni Pesantren Darussalam di Cujenjing Ciamis, Pesantren Al Hikmah 2 di Sirampog Brebes, Pesantren Darussalam di Subah, kabupaten Batang, dan Pesantren Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto. Di sana Slank tidak hanya menghibur lewat penampilan. Para personel nantinya juga menyampaikan pesan persatuan dan kebangsaan.

Selanjutnya Kaka Slank menambahkan bahwa perjalanan tur ke pesantren merupakan bagian dari ibadah slank untuk mengajak generasi muda tetap dalam keimanan. “Penampilan boleh slengean, tapi solat 5 waktu dan kewajiban kewajiban sebagai umat muslim terus dijalankan. Syukur kalau akhirnya penampilan juga semakin baik,” kata Kaka.

Dipilihnya pesantren sebagai sasaran tur Slank, bukan tanpa alasan. Selain karena di pesantren juga banyak “slanker”, sebutan bagi penggemar slank, tetapi juga membuka wacana dialog antara musisi dari Jakarta dengan para santri.

“Dulu waktu kita mau memulai tur ke 57 pesantren, penolakan banyak datang dari kalangan pesantren. Tapi setelah melalui dialog ternyata apa yang selama ini mereka bayangkan tentang slank bertolak belakang dengan kenyataannya. Apalagi saat tahu kami sudah jelas menolak narkoba dan minuman keras. Mereka menerima dengan tangan terbuka,” kisah Ridho, personil slank lainnya.

Tur Merajut Kebangsaan yang didukung oleh PT Sinar Mas Grup melalui Asia Pulp & Paper. Selain pertunjukan musik, kegiatan juga dipadukan dengan  wakaf Al Quran, Juz Amma, dan pembagian buku tulis.

"Tur Slank ke pesantren ini diharapkan dapat menjadi kekuatan kita dalam merajut kebangsaan. Karena  keberagamam harus senantiasa dirawat dengan silaturrahmi," tutup Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.