Uber Indonesia Siap Luncurkan UberEntrepreneur

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 05 September 2017 - 19:28 WIB

John Colombo, Head of Public Policy & Government Affairs Uber Indonesia, usai melakukan audiensi ke Menkop dan UKM Puspayoga, di Jakarta, Selasa (5/9).
John Colombo, Head of Public Policy & Government Affairs Uber Indonesia, usai melakukan audiensi ke Menkop dan UKM Puspayoga, di Jakarta, Selasa (5/9).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Guna memberikan dukungan bagi pengusaha UKM yang menjadi mitra pengemudi, Uber Indonesia pada Oktober 2017 akan meluncurkan inisiatif bernama UberENTREPRENEUR.

"Ini karena mitra pengemudi Uber, sebagian juga memiliki usaha sendiri, apakah itu pedagang, pemusik, peternak atau lainnya. Intinya kita ingin mendukung jiwa entrepreneurship bagi mitra pengemudi Uber," ujar John Colombo, Head of Public Policy & Government Affairs Uber Indonesia, usai melakukan audiensi ke Menkop dan UKM Puspayoga, di Jakarta, Selasa (5/9).

Dalam audiensi itu, Menkop dan UKM Puspayoga didampingi Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram dan Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso B.S.

John mengatakan, selain memperkenalkan inisiatif itu, pihaknya sekaligus meminta bantuan ke Kemenkop dan UKM untuk memberikan pelatihan SDM, perkoperasian,  maupun akses pembiayaan, kepada mitra pengemudi yang memiliki wirausaha sendiri itu.

Dari hasil survei menunjukkan, banyak mitra pengemudi yang merupakan wirausaha," kata John.

Hal itu bisa disimpulkan dari survei yang menunjukkan 46 persen mitra pengemudi bergabung dengan Uber karena fleksibilitas untuk  menentukan waktu mengemudi.

Selain itu, 61 persen mitra pengemudi menggunakan Uber kurang dari 10 jam perminggu. "Tidak mengherankan jika sebagian para mitra pengemudi Uber adalah pemilik usaha yang menggunakan aplikasi Uber sebagai cara fleksibel memperoleh pendapatan tambahan sambil mereka membangun usaha mereka," katanya.

Karenanya, lanjut John, pihaknya merasa senang dengan mengumumkan kehadiran UberENTREPRENEUR di Indonesia, sebuah inisiatif untuk mengapresiasi, mendukung dan menghubungkan para pemilik UMKM yang juga mitra pengemudi Uber.

"Selain dengan Kemenkop dan UKM, kami akan bermitra dengan  sejumlah organisasi untuk menghadirkan berbagai acara dan informasi  dalam mendukung mereka yang menjadi bos bagi diri sendiri dengan mengemudi bersama Uber dan menjalani usaha mereka," tambahnya.

Fitur Unik

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Uber Indonesia telah membuat fitur unik berupa icon bola lampu disamping foto mitra pengemudi untuk menginformasikan bahwa mitra anda adalah seorang UberEntrepreneur.

"Anda bisa ngobrol dengan mitra tersebut tentang usaha yang dijalani saat tidak mengemudi bersama Uber," kata John.

Jika dalam perjalanan Uber, anda bertemu dengan mitra  pengemudi yang juga seorang pemilik usaha selain ng-Uber, informasikan ke Uber Indonesia dengan mengisi formulir di link t.uber.com/uberentrepreneurid, dan Uber akan menghubungi mereka lebih lanjut.

"Sebagai kontraprestasi, maka 10 penumpang dengan rekomendasi terbanyak bisa mendapatkan Uber Credit senilai Rp 200.000 per pemenang," tambahnya.

Bisa Bersinergi

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Prakoso B.S., menyambut baik upaya Uber Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan kuanitas entrepreneur di kalangan mitra pengemudi Uber.

" Ini bisa menjadi sinergi antara swasta dengan pemerintah dalam hal ini Kemenkop dan UKM, untuk menunbuhkembangkan wirausaha," katanya.

Menurut Prakoso, Uber sudah memiliki SDM entrepreneur yang nantinya akan dimantapkan dengan pelatihan vocational agar semakin profesional.

Selain itu Kemenkop dan UKM juga memberikan materi pelatihan perkoperasian bagi mitra pengemudi yang seluruhnya juga sudah tergabung dalam koperasi Uber Indonesia.

Mereka juga akan diberi materi soal permodalan maupun bagaimana bisa mengakses pembiayaan usaha, serta berbagai regulasi terkait dengan entrepreneur/kewirausahaan maupun perkoperasian.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:00 WIB

Utang Luar Negeri Naik Menjadi Rp5.312 Triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi kurs Rp14.100 per dolar…

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:40 WIB

Hati-Hati! Anak yang Terinfeksi Kedua Kali oleh Virus Dengue dapat Berakibat Fatal

Jumlah kasus DBD tertinggi di Indonesia terjadi di Jawa Timur, yakni2.657kasus dan47 orang diantaranya meninggal dunia.

CEO &Founder; Pintro Syarif Hidayat

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:37 WIB

Pintro Hadirkan Platform Digital Layanan Pendidikan Terintegrasi

Satu lagi platform aplikasi berbasis pendidikan turut meramaikan dunia pendidikan tanah air yaitu Pintro. Pintro merupakan platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen…

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:02 WIB

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition Hadirkan Program Khusus

BMW Indonesia menggelar BMW Exhibition selama 3 hari pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Plaza Senayan Atrium. Beberapa program khusus diperkenalkan lebih luas seperti program khusus Drive to…

All New Suzuki Ertiga

Jumat, 15 Februari 2019 - 19:03 WIB

Terbukti Makin Diminati, Suzuki Tambah Fitur All New Ertiga

Untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen akan kendaraan multiguna yang modern, All New Ertiga kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.