Jababeka-Jepang Sepakat Kembangkan Lahan 3,7 Hektare di Cikarang

Oleh : Ridwan | Senin, 04 September 2017 - 10:41 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT. Grahabuana Cikarang, anak perusahaan PT Jababeka Tbk. yang mengelola kawasan residensial menengah atas resmi meneken kerja sama untuk pengembangan lahan hunian dan komersial seluas 3,7 hektare dengan Creed Group asal Jepang.

Penandatangan nokta kesepahaman (MoU) dilakukan Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Suteja Sidarta Darmono dan Founder dan Managing Director dari Creed Group, Toshihiko Muneyoshi

Dalam kerjasama tersebut keduanya sepakat membentuk perusahaan patungan untuk memgembangkan apartemen kelas atas berkonsep golf.

"Kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kinerja kedua belah pihak. Apalagi kedua pihak memiliki kompetensi di bidang masing-masing yang dapat memberikan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen," ungkap Suteja akhir pekan lalu di Jakarta.

Ia menambahkan, kerjasama dan sinergi Jababeka dengan Creed Group akanmeliputi pengembangan desain eksterior dan interior, quality control pembangunan dan building management. "Sehingga diharapkan perusahaan mitra dapat membawa nilai-nilai budaya Jepang yang selalu mengedepankan kualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kawasan Jababeka," terangnya.

Lebih lanjut, Sutedja mengungkapkan, kerjasama dalam proyek apartemen golf ini menjadi langkah awal bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan.

“Visi Jababeka adalah mengembangkan 100 kota mandiri seperti layaknya yang telah Jababeka berhasil raih di Cikarang. Kami bangga dapat menjadi mitra pertama dari Indonesia yang bekerjasama dengan Creed Group untuk mengembangkan lebih jauh kota mandiri Jababeka, sebab Creed Group memiliki portofolio properti yang impresif terutama di Negara Asia Tenggara selain Jepang seperti, Vietnam, Kamboja, Bangladesh, Myanmar dan Laos," ujar Sutedja.

Hampir tiga dekade, Kawasan Industri Jababeka telah berkembang menjadi sebuah kota mandiri yang dilengkapi fasilitas pemenuhan kebutuhan primer dan gaya hidup serta ramah lingkungan. Saat ini, kawasan Cikarang, termasuk Jababeka, akan menuai dampak positif dari perencanaan makro infrastruktur pemerintah.

Sebagai contoh, pembukaan akses tol baru di Cikarang yang akan terkoneksi langsung ke Kawasan Industri Jababeka, pembangunan stasiun KRL Commuter LineCikarang, rencana jalur Mass Rapid Transit (MRT) dari Balaraja (Tangerang) hingga Cikarang (Bekasi), rencana perpanjangan jalur LRT sampai ke Cikarang dan pembangunan jalan tol layang (elevated toll road).

Dampak positif dari perencanaan infrastruktur pemerintah itu diharapkan dapat mendongkrak nilai dan fasilitas properti di kawasan tersebut.  Atas dasar tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dalam pengembangan dan peningkatan kegiatan usaha kedua belah pihak.

Disisi lain, Founder dan Managing Director dari Creed Group, Toshihiko Muneyoshi mengungkapkan, saat ini Creed Group berfokus untuk mengembangkan bisnis di Asia Tenggara dan Bangladesh.

"Strategi kami adalah menjalin kemitraan bersama pengembang lokal terbaik di kawasan dan menggabungkannya dengan keahlian Creed Group di Jepang," ujar Toshihiko.

Seperti diketahui, Creed Group merupakan perusahaan investasi di bidang real estate dengan pengalaman berlimpah pada pasar real estate yang sudah mapan di Jepang. Portofolio Creed Group mencakup pembiayaan real estate, pengembangan properti, pengelolaan properti dan pengelolaan aset.

Creed Group telah berinvestasi di pasar real estate yang sedang berkembang di Malaysia, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Bangladesh sejak 2012, dengan nilai investasi mencapai 340 juta dolar pada akhir 2015.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…