Kementrian ESDM Targetkan Empat Smelter Selesai Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 September 2017 - 09:51 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY co.id -Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, akan ada dua fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) yang selesai dibangun pada bulan Oktober nanti. Dua smelter itu merupakan lanjutan pembangunan smelter yang belum selesai pada tahun 2016 penghasil Nikel Pig Iron (NPI).

Adapun smelter yang akan selesai dibangun pada bulan Oktober nanti ialah milik PT Bintang Smelter Indonesia di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sulteng) berkapasitas 575.000 ton per tahun.

Kemudian, smelter yang dibangun oleh PT COR Industri Indonesia bersama konsorsium PT Mulia Pacific Resources, PT Itamatra Nusantara serta PT Bumi Konawe Abadi yang berlokasi di Morowali Utara. Kapasitas smelter ini tercatat mencapai 92.400 ton per tahun.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Bambang Susigit mengatakan, tahun ini empat smelter ditargetkan telah selesai dibangun. "Targetnya tahun ini ada empat, dan mudah-mudahan yang kurangnya dua itu selesai pada Oktober ini,” ungkapnya , Minggu (3/9/2017).

Rencananya, setelah selesai dibangun smelter tersebut akan masuk dalam tahap percobaan ataucommissioning. Setidaknya dibutuhkan waktu selama tiga bulan sampai empat bulan guna melakukan percobaan. Bahkan, untuk smelter yang berkapasitas besar proses commissioning membutuhkan waktu lebih lama lagi hingga satu tahun.

Mengacu data dari Kementerian ESDM, dua fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral lainnya yang dijadwalkan selesai tahun ini ialah smelter pasir besi yang menghasilkan Cold Bricket Iron dibangun oleh PT Sumber Baja Prima di Sukabumi berkapasitas 36.367 ton per tahun.

Satu smelter lainnya yang seharusnya selesai dibangun pada tahun ini adalah penghasil Bullion Lead yang akan dibangun oleh PT Kapuas Prima Coal di Kalimantan Tengah (Kalteng) berkapasitas 30.000 ton per tahun.

Bambang optimistis, pembangunan keempat smelter produk mineral ini akan terealisasi dan tepat waktu. Pasalnya, kapasitas produksi dari masing-masingsmelter tidak terlalu besar. “Sepertiya ini tidak terlalu lama, karena kapasitasnya relatif kecil,” ujar Bambang.

Kementerian ESDM mencatat, saat ini baru ada 19 smelter yang sudah rampung dibangun. Perinciannya, sebanyak 13 smelter menghasilkan nikel, dan smelter lainnya memproduksi komoditas biji besi, mangan, tembaga, serta alumina. 

Banyaknya smelter nikel yang dibangun ini, menurut Bambang, tidak lepas dari latar belakang perusahaannya. "Kita kan banyaknya nikel semua ini. Untuk bauksit itu hanya CGA (PT Indonesia Chemical Alumina),” ujarnya.(tan)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…