APTI : Harga Tembakau di Temanggung Tembus Rp75.000/kilogram

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 September 2017 - 17:55 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Temanggung, Sekretaris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Agus Setyawan mengatakan kalau kualitas tembakau ditahun ini jauh lebih bagus dibanding panen tahun lalu yang sempat mengalami keterpurukan.

"Hasil tembakau saat ini bagus dan kemungkinan areal tembakau di tahun depan akan bertambah lagi," katanya.

Ia menyebutkan untuk kawasan Gunung Prahu panen tembakau telah dimulai sejak akhir Juli 2017 dan saat ini panen sudah mencapai 50 persen.

Dan harga tembakau rajangan kering grade C pada masa panen tahun ini dibeli Rp75.000 per kilogram oleh pabrikan.

Senada dengan Agus, Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir mengatakan harga tersebut jauh lebih tinggi dari panen tahun lalu, yakni untuk grade C Rp 40.000 per kilogram.

Menurut dia harga tersebut sesuai dengan kualitas tembakau tahun ini yang memang bagus, kalau panen tahun lalu tidak ada tembakau kualitas bagus karena cuaca tidak mendukung, yakni terjadi hujan terus.

Ia mengatakan cuaca selama panen tembakau saat ini bagus, kondisi kering sehingga sangat membantu dalam proses penjemuran tembakau.

"Mudah-mudahan cuaca seperti ini bertahan hingga panen tembakau selesai sehingga bisa muncul grade tembakau di atasnya yang tentu harganya akan lebih mahal," pungkasnya. (Cm/Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.

Presiden Jokowi menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Sabtu, (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:10 WIB

Presiden Jokowi Tetap Monitor Penanganan Gempa Sejumlah Daerah

Presiden Joko Widodo terus memantau penanganan gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pada Jumat (15/12/2017)…