Cuaca Mendukung, Produksi Garam Rakyat di Sumenep Meningkat Tajam di Akhir Agustus

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 September 2017 - 10:48 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - Hingga akhir Agustus 2017, produksi garam rakyat di Kabupaten Sumenep meningkat tajam, seiring kondisi cuaca di musim kemarau saat ini.

"Kalau kondisi sekarang, Alhamdulillah produksi garam bisa maksimal, karena cuacanya mendukung. Berbeda dengan awal musim kemaru bulan lalu, beberapa kali masih turun hujan," kata Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arif Rusdi, Jumat (01/08/2017).

Berdasarkan laporan, produksi garam rakyat selama dua pekan belakangan ini meningkat tajam. Terhitung hingga akhir Agustus, jumlah produksi sementara garam rakyat mencapai 24.517 ton lebih.

"Padahal sebelumnya, produksi garam rakyat di akhir Juli 2017 hanya 850 ton, kemudian pekan berikutnya naik menjadi 4.600 ton, dan akhir Agustus melonjak hingga 24.517 ton," terang Arief Rusdi.

Ia berharap agar kondisi cuaca pada pertengahan hingga akhir kemarau tahun ini berjalan normal, agar produksi garam rakyat bisa maksimal.

"Kalau kondisi cuaca terus berjalan normal seperti ini, puncak panen garam rakyat di Sumenep diperkirakan pada akhir September hingga pertengahan Oktober 2017," ujarnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mentargetkan produksi garam rakyat di Sumenep pada tahun 2017 sebesar 368 ribu ton. Pada 2016, produksi garam rakyat di Sumenep hanya 17.109 ton dari target 260 ribu ton.

Sesuai data di Dinas Perikanan Sumenep, lahan garam rakyat pada tahun ini seluas 2.068 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan.(bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KA Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:15 WIB

Penyesuaian Tarif, Kini Kereta Api Bandara Batu Ceper-Soetta Hanya Rp35.000

PT Railink memutuskan menyesuaikan tarif antar-stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dengan adanya penyesuaian tarif tersebut, kini masyarakat dari Kota Tangerang atau sekitar Stasiun Batuceper…

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…