Cuaca Mendukung, Produksi Garam Rakyat di Sumenep Meningkat Tajam di Akhir Agustus

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 September 2017 - 10:48 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - Hingga akhir Agustus 2017, produksi garam rakyat di Kabupaten Sumenep meningkat tajam, seiring kondisi cuaca di musim kemarau saat ini.

"Kalau kondisi sekarang, Alhamdulillah produksi garam bisa maksimal, karena cuacanya mendukung. Berbeda dengan awal musim kemaru bulan lalu, beberapa kali masih turun hujan," kata Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arif Rusdi, Jumat (01/08/2017).

Berdasarkan laporan, produksi garam rakyat selama dua pekan belakangan ini meningkat tajam. Terhitung hingga akhir Agustus, jumlah produksi sementara garam rakyat mencapai 24.517 ton lebih.

"Padahal sebelumnya, produksi garam rakyat di akhir Juli 2017 hanya 850 ton, kemudian pekan berikutnya naik menjadi 4.600 ton, dan akhir Agustus melonjak hingga 24.517 ton," terang Arief Rusdi.

Ia berharap agar kondisi cuaca pada pertengahan hingga akhir kemarau tahun ini berjalan normal, agar produksi garam rakyat bisa maksimal.

"Kalau kondisi cuaca terus berjalan normal seperti ini, puncak panen garam rakyat di Sumenep diperkirakan pada akhir September hingga pertengahan Oktober 2017," ujarnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mentargetkan produksi garam rakyat di Sumenep pada tahun 2017 sebesar 368 ribu ton. Pada 2016, produksi garam rakyat di Sumenep hanya 17.109 ton dari target 260 ribu ton.

Sesuai data di Dinas Perikanan Sumenep, lahan garam rakyat pada tahun ini seluas 2.068 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan.(bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Singapore Airlines-Air New Zealand Sambut Persetujuan Regulasi untuk Aliansi

Singapore Airlines dan Air New Zealand menyambut keputusan Kementerian Perhubungan Selandia Baru hari ini untuk memperpanjang perizinan dari aliansi usaha patungan kedua maskapai.

Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di Kampus IPB (foto ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:20 WIB

Bank BTN Dorong Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha properti yang mumpuni. Salah satunya dengan aktif melakukan edukasi kepada mahasiswa dan…

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…