Cuaca Mendukung, Produksi Garam Rakyat di Sumenep Meningkat Tajam di Akhir Agustus

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 September 2017 - 10:48 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - Hingga akhir Agustus 2017, produksi garam rakyat di Kabupaten Sumenep meningkat tajam, seiring kondisi cuaca di musim kemarau saat ini.

"Kalau kondisi sekarang, Alhamdulillah produksi garam bisa maksimal, karena cuacanya mendukung. Berbeda dengan awal musim kemaru bulan lalu, beberapa kali masih turun hujan," kata Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arif Rusdi, Jumat (01/08/2017).

Berdasarkan laporan, produksi garam rakyat selama dua pekan belakangan ini meningkat tajam. Terhitung hingga akhir Agustus, jumlah produksi sementara garam rakyat mencapai 24.517 ton lebih.

"Padahal sebelumnya, produksi garam rakyat di akhir Juli 2017 hanya 850 ton, kemudian pekan berikutnya naik menjadi 4.600 ton, dan akhir Agustus melonjak hingga 24.517 ton," terang Arief Rusdi.

Ia berharap agar kondisi cuaca pada pertengahan hingga akhir kemarau tahun ini berjalan normal, agar produksi garam rakyat bisa maksimal.

"Kalau kondisi cuaca terus berjalan normal seperti ini, puncak panen garam rakyat di Sumenep diperkirakan pada akhir September hingga pertengahan Oktober 2017," ujarnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mentargetkan produksi garam rakyat di Sumenep pada tahun 2017 sebesar 368 ribu ton. Pada 2016, produksi garam rakyat di Sumenep hanya 17.109 ton dari target 260 ribu ton.

Sesuai data di Dinas Perikanan Sumenep, lahan garam rakyat pada tahun ini seluas 2.068 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan.(bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Senin, 20 November 2017 - 13:59 WIB

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Perusahaan pengelola tambang emas Martabe PT Agincourt Resources meresmikan gedung baru gelanggang pertunjukan terbuka(amphitheatre) Sopo Daganak berkapasitas 500 penonton di Jalan 2 Desa Napa,…