Harga Batubara Tetap Panas

Oleh : Candra Mata | Jumat, 01 September 2017 - 15:55 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta,Pada kuartal II 2017, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mencatat kenaikan laba29% atau menjadi US$125 juta seiring peningkatan volume penjualan 10% atau menjadi 13,34 juta ton. Sementara semester I 2017, laba bersih tercatat sebesar US$222 juta, naik 82%.

Menurut analis Samuel Sekuritas Arandi Ariantara dalam riset yang diterbitkan Agustus 2017, capaian ADRO tersebut sudah inline dengan ekspektasi (51%) dan konsensus (52%).

Dimana, Penguatan laba ditopang oleh membesarnya pendapatan di mana pada kuartal II tahun ini naik 13% dan 40% selama enam bulan pertama tahun ini yang mencapai US$823 juta.

"Meningkatnya volume penjualan dan tumbuhnya harga jual rata-rata yang diperkirakan menjadi katalis pertumbuhan kuartal II 2017," jelasnya.

Namun, menurutnya, diparuh pertama tahun ini volume penjualan tercatat turun 7% atau menjadi 25,3 juta ton. Kendati demikian dapat dikompensasikan dengan meningkatnya harga jual rata-rata.

Kenaikan harga batubara dengan penurunan level SR menjadi penopang pertumbuhan. Kenaikan harga batubara yang Samuel perkirakan stabil di level US$85 per ton hingga akhir tahun ini dan penurunan level SR ke level 4,9 kali untuk tahun ini menjadi penopang pertumbuhan ADRO.

Di sisi lain, perkembangan proyek pembangkit listrik bisa menjadi katalis positif bagi ADRO dalam jangka panjang.

"Melihat pertumbuhan laba bersih hingga semester pertama tahun inj yang sesuai estimasi, serta resiko investasi yang semakin berkurang, kami merekomendasikan beli dengan target harga Rp2.200 untuk ADRO, dengan risiko investasi adalah harja batubara di bawah US$50 per ton," pungkasnya. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…