Harga Batubara Tetap Panas

Oleh : Candra Mata | Jumat, 01 September 2017 - 15:55 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta,Pada kuartal II 2017, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mencatat kenaikan laba29% atau menjadi US$125 juta seiring peningkatan volume penjualan 10% atau menjadi 13,34 juta ton. Sementara semester I 2017, laba bersih tercatat sebesar US$222 juta, naik 82%.

Menurut analis Samuel Sekuritas Arandi Ariantara dalam riset yang diterbitkan Agustus 2017, capaian ADRO tersebut sudah inline dengan ekspektasi (51%) dan konsensus (52%).

Dimana, Penguatan laba ditopang oleh membesarnya pendapatan di mana pada kuartal II tahun ini naik 13% dan 40% selama enam bulan pertama tahun ini yang mencapai US$823 juta.

"Meningkatnya volume penjualan dan tumbuhnya harga jual rata-rata yang diperkirakan menjadi katalis pertumbuhan kuartal II 2017," jelasnya.

Namun, menurutnya, diparuh pertama tahun ini volume penjualan tercatat turun 7% atau menjadi 25,3 juta ton. Kendati demikian dapat dikompensasikan dengan meningkatnya harga jual rata-rata.

Kenaikan harga batubara dengan penurunan level SR menjadi penopang pertumbuhan. Kenaikan harga batubara yang Samuel perkirakan stabil di level US$85 per ton hingga akhir tahun ini dan penurunan level SR ke level 4,9 kali untuk tahun ini menjadi penopang pertumbuhan ADRO.

Di sisi lain, perkembangan proyek pembangkit listrik bisa menjadi katalis positif bagi ADRO dalam jangka panjang.

"Melihat pertumbuhan laba bersih hingga semester pertama tahun inj yang sesuai estimasi, serta resiko investasi yang semakin berkurang, kami merekomendasikan beli dengan target harga Rp2.200 untuk ADRO, dengan risiko investasi adalah harja batubara di bawah US$50 per ton," pungkasnya. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.