Dari Aborsi Mobnas ke Terobosan Tesla?

Oleh : Christianto Wibisono | Jumat, 01 September 2017 - 09:37 WIB

Christianto Wibisono dari Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) dan Analis Bisnis Terkemuka di Indonesia (Foto Ist)
Christianto Wibisono dari Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) dan Analis Bisnis Terkemuka di Indonesia (Foto Ist)

Menteri Perhubungan Singapura Khaw Boon Wan pada Senin 9 Mei 2017 memberi insentif sebesar SGD 30,000 (USD 22,000) untuk pembelian mobil Tesla model 3 yang diluncurkan Elon Musk pada 31 Maret 2017.  Bandingkan dengan insentif Canada sebesar CND 8,000 (USD 6,200). Singapora memberi insentif untuk memenuhi kriteria global city CEVS (Carbon Emmisions Vehicle Scheme). Tesla model 3 akan diterima indentor diluar AS awal 2018 dengan harga di Amerika Serikat hanya US$ 35.000 untuk penyerahan akhir 2017.

Indonesia jelas bukan Singapura yang harga mobilnya dibatasi oleh mahalnya Certificate of Entitlement, sekitar US$ 50.000 untuk setiap pembelian mobil baru. Indonesia adalah produsen mobil no. 17 dari 20 negara dengan 4 besar diatas 6 juta yaitu Tiongkok, AS, Jepang, Jerman. Diluar dugaan India juga sudah melejit di 5 besar bahkan Tata Group membeli merk mewah terkenal Jaguar Rover tahun 2008, menyusul pembelian merk Volvo Swedia oleh Geely, perusahaan mobil swasta Tionghoa yang bukan BUMN milik Li Shufu dari bekas pabrik kulkas. Korea menjadi Negara diluar AS, Eropa dan jepang yang mampu membangun industry mobil global meski pasar domestic kecil sedang Tiongkok dan India tentu mempunyai keunggulan komparatif karena pasar domestic raksasa.

Sebetulnya, Indonesia punya “feng shui” yang luar biasa. Setelah membangun di Yokohama dan Osaka tahun 1926, General Motors masuk pasar Hindia Belanda pada 1927 dan membangun pabrik perakitan di Tanjung Priok yang mulai beroperasi 1938. Ini berarti raksasa mobil dunia pertama General Motors memilih Jakarta sebagai basis produksi 90 tahun yang lalu, dimana Indonesia dinilai lebih menarik dari Singapura, dengan potensi penduduk dan wilayah Indonesia sebagai pertimbangan.

Pada tahun 1953 Hasyim Ning menjadi raja mobil dan mendirikan perakitan kedua setelah General Motors Priok tersebut, yaitu PT Indonesian Service Company (ISC) yang akan merajai permobilan Indonesia sampai tahun 1970-an dengan meng-ageni Fiat dan Ford.

Pada tahun 1969 William Soeryadjaya dengan Astra International membeli ex-pabrik General Motors yang telah dinasionalisasi menjadi PN Gaya Motor (BUMN sejak era Orde Lama Bung Karno yang sangat anti modal asing dan mengambil alih seluruh perusahaan Belanda 1957). Sejak itu selama 23 tahun William dan Astra akan menjadi raja mobil Indonesia kedua setelah Hasyim Ning, dan merk Eropa & AS tergusur sebagaimana trend permobilan global dengan dominasi merk Jepang mengalahkan merk AS dan Eropa.  Jatuhnya William bukan karena bisnis Astra, tetapi karena “bail-out” Bank Summa sehingga keluarga William harus menjual seluruh saham di Astra, yang terjadi 6 tahun sebelum krismon 1998. Tapi sejarah tetap akan mencatat William Soeryajaya sebagai raja mobil Indonesia kedua setelah Hasyim Ning.

Pada 1996 Presiden Soeharto mengejar waktu berlakunya era perdagangan bebas WTO  mendirikan proyak Mobil Nasional Timor yang dilaksanakan oleh putra mahkota Tommy Soeharto. Secara historis empiris memang semua negara termasuk Jepang, AS dan Eropa selalu harus melampaui tahapan infant industry protection, kebijakan melindungi industry yang masih “balita” dari ancaman impor produk pesaing impor yang sudah lebih mapan.  Itulah prinsip Mobnas merk Timor yang memanfaatkan kerjasama dengan KIA yang merubah merk Sephia menjadi Timor S515. Seandainya Astra masih ditangan William barangkali proyek Mobnas ini lebih viable dan terwujud seperti pola Hyundai dan tidak tersendat seperti Proton.

Tapi sejarah mencatat bahwa konflik figure Presiden Soeharto dengan William Soeryadjaya karena dinilai pernah “arrogan” menghibahkan saham kepada koperasi padahal Presiden Soeharto tidak ingin istilah hibah atau belas kasihan, tapi koperasi membeli saham konglomerat. Itu terjadi di Tapos 1990 dan krisis Bank Duta yang mengakibatkan Soeharto memerlukan dana bail-out,  yang juga tidak di”sumbang” oleh William berakibat tidak ada privilege untuk Astra. Krismon langsung menghentikan proyek Mobnas Timor, karena IMF mencoret proyek itu paling awal bersama monopoli cengkeh BPPC.

16 tahun kemudian pada Januari 2012 Walikota Solo Ir. Joko Widodo melakukan trobosan mempromosikan mobil perakitan Esemka mempopulerkan sosok Jokowi memenangkan pilgub DKI 2012. Melejit jadi presiden pada 2014, Presiden Jokowi sempat menyaksikan MOU Proton Malaysia dengan perusahaan nasional Indonesia untuk mengembangkan kerjasama Proton yang segera memperoleh kritik dari mereka yang gerah dengan koalisi asing dan bukan murni nasional.

Pusat Data Bisnis Indonesia telah mengkaji sejarah industri mobil global yang menyisakan 2  pelaku di AS (pelaku ke-3 adalah patungan Chrysler dengan Fiat Italia), 3 produsen Jerman (Audi VW, BMW dan Mercedes Benz); dan 2 Prancis (Peugeot, Citroen dan Renault yang bekerjasama dengan Nissan Jepang yang merupakan satu satunya negara dengan hampir selusin merk mobil yaitu Toyota, Nissan, Honda, Mazda, Mitsubishi, Isuzu, Suzuki, Hino, Subaru, Daihatsu yang juga mengalami konsolidasi dan kemitraan seperti Toyota Daihatsu.

Memang sudah sangat terlambat untuk memakai pola Mobnas kecuali Pemerintah melakukan trobosan leapfrog, membangun mobil elektrik seperti Tesla, atau berkolaborasi dengan Tesla menjadikan Tesla sebagai “Mobil Nasional” dengan syarat membangun pabrik di Indonesia dan saham substansial yang dialokasi untuk Indonesia (diatas 35%). Hyundai memiliki 2/3 saham KIA sehingga memungkinkan entitas Korea itu melejit jadi produsen mobil no. 4 sedunia setelah Toyota General Motor dan Volkswagen.

Sudah 90 tahun, hampir seabad sejak General Motors memilih Jakarta sebagai perakitan mobil kedua di Asia setelah Jepang. Ironis bahwa sekarang kita tidak mampu mengembangkan merk nasional hanya karena gelombang politik kroni melawan arus pasar yang efisien melanda industri otomotif kita. Adakah trobosan” Tesla Indonesia”?.

Christianto Wibisono adalah Founder PDBI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Sabang

Selasa, 26 Maret 2019 - 10:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, Sabang Aceh Segera Miliki Bandara Internasional

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengaku siap memfasilitasi dan akan mendukung pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Siti Badriah, Video Klip Lagu Lagi Syantiknya telah ditonton 482 jtua kali

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:03 WIB

Tepat Setahun Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Ditonton 482 Juta kali

epat satu tahun lalu, tepatnya 22 Maret 2018, penyanyi dangdut Siti Badriah lewat kanal youtube milik Nagaswara Music mengeluarkan single lagu Lagi Syantik lewat. Lagu itu langsung menjadi viral.…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:00 WIB

Garuda Indonesia Gunakan A330 Rute Jakarta-Nagoya Jepang

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Nagoya pp dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 330 berkapasitas 222 tempat duduk yang terdiri…

Legenda Musik, Erros Djarot luncurkan single terbaru menyambut Pemilu

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:34 WIB

Erros Djarot Gelisah Maka Lahirlah ‘1 & 2 Bukan Segalanya’

Seniman sekaliber Erros Djarot ternyata menyimpan kegelisahan yang sangat mendalam atas kondisi bangsa kita dalam menghadapi pemilu presiden yang semakin dekat. Kegelisahannya itu akhirnya ia…

Dirut Telkom Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini Soemarmo saat moment the nex IndiHome

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:29 WIB

Pelanggan IndiHome Capai 5,5 Juta Rumah

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia TBK (Telkom) menyebutkan jumlah pelanggan IndiHome mencapai 5,5 juta pelanggan. Jaringan Telkom untuk memperkuat ekspansi IndiHome, sudah tersebar dari…