Pembangunan KEK Jadi Program Unggulan dan Prioritas KalimantanUtara

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Desember 2016 - 04:54 WIB

Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri
Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri

INDUSTRY.co.id - Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie mengharapkan dukungan Wakil Presiden, Yusuf Kalla soal rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Kaltara.

"Masalah akselerasi KEK di Kaltara akan dibahas di Kementerian Perindustrian makanya mengharapkan peran Wapres Yusuf Kalla untuk membantu realisasinya," kata Gubernur Kaltara melalui keterangan pers yang disampaikan Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Kamis (22/12)

Ia juga mengharapkan, Yusuf Kalla bersedia mengunjungi provinsi ke-34 tersebut untuk melihat langsung kondisi atau potret wilayah perbatasan yang masih banyak ketertinggalan.

Pembangunan KEK menjadi program unggulan dan prioritas Pemprov Kaltara maka perlu adanya kerjasama dan dukungan pemerintah pusat agar berjalan dengan baik dan lancar.

Pemerintah pusat telah menetapkan tujuh KEK baru yang semuanya dibangun di luar Pulau Jawa yaitu akan dibangun di Sorong (Papua), Merauke, Maluku, Sulsel, NTT, Kaltara dan Kalbar.

Sekaitan dengan rencana pembangunan KEK di Kaltara, pemerintah pusat telah meminta pemprov di daerah itu untuk segera menyediakan legalitas lahan yang akan digunakan agar tidak ada permasalahan yang dapat menghambat proses pembangunannya.

Pembangunan KEK di provinsi itu diwacanakan berada dalam lokasi Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan.

Irianto Lambrie menegaskan, segala persiapan yang dibutuhkan akan dirampungkan akhir Desember 2016 terutama legalitas lahan dimana pemkab Bulungan telah menghibahkan lahan sekitar 300 hektar termasuk studi kelayakannya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…