Pembangunan KEK Jadi Program Unggulan dan Prioritas KalimantanUtara

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Desember 2016 - 04:54 WIB

Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri
Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri

INDUSTRY.co.id - Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie mengharapkan dukungan Wakil Presiden, Yusuf Kalla soal rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Kaltara.

"Masalah akselerasi KEK di Kaltara akan dibahas di Kementerian Perindustrian makanya mengharapkan peran Wapres Yusuf Kalla untuk membantu realisasinya," kata Gubernur Kaltara melalui keterangan pers yang disampaikan Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Kamis (22/12)

Ia juga mengharapkan, Yusuf Kalla bersedia mengunjungi provinsi ke-34 tersebut untuk melihat langsung kondisi atau potret wilayah perbatasan yang masih banyak ketertinggalan.

Pembangunan KEK menjadi program unggulan dan prioritas Pemprov Kaltara maka perlu adanya kerjasama dan dukungan pemerintah pusat agar berjalan dengan baik dan lancar.

Pemerintah pusat telah menetapkan tujuh KEK baru yang semuanya dibangun di luar Pulau Jawa yaitu akan dibangun di Sorong (Papua), Merauke, Maluku, Sulsel, NTT, Kaltara dan Kalbar.

Sekaitan dengan rencana pembangunan KEK di Kaltara, pemerintah pusat telah meminta pemprov di daerah itu untuk segera menyediakan legalitas lahan yang akan digunakan agar tidak ada permasalahan yang dapat menghambat proses pembangunannya.

Pembangunan KEK di provinsi itu diwacanakan berada dalam lokasi Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan.

Irianto Lambrie menegaskan, segala persiapan yang dibutuhkan akan dirampungkan akhir Desember 2016 terutama legalitas lahan dimana pemkab Bulungan telah menghibahkan lahan sekitar 300 hektar termasuk studi kelayakannya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.

Sultra Tenun Carnaval 2018 Meriahkan Even Halo Sultra, di Kendari, Sulwesi Tenggara (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Rabu, 25 April 2018 - 11:15 WIB

Digelar, Halo Sultra 2018 Meriahkan Alun-Alun Kendari, Sulawesi Tenggara

Sebagai salah satu cara untuk mengenalkan kain Indonesia, Sulwesi Tenggara menggelar Halo Sultra 2018 di Kawasan Tugu Religi Alun-akun Kendari. Halo Sultra 2018 yang tahun ini dilaksanakan pada…

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Rabu, 25 April 2018 - 11:06 WIB

Mengawali Tahun 2018, Laba Bersih Waskita Karya Tumbuh Hampir Empat Kali Lipat

Tahun 2018 diawali secara positif, dengan laba bersih meningkat hampir empat kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 10:57 WIB

Mensesneg: Belum Ada TPA Dirut Perum Bulog

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan hingga saat ini belum ada rapat Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Rabu, 25 April 2018 - 10:50 WIB

Menuju Entrepreneurial University, ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Upaya Institut Teknologi Bandung menjadi pusat pengembangan kewirausahaan semakin nyata melalui peletakan batu pertama pembangunan gedung Science and Techno Park Astra Sinar Mas yang dilakukan…