Pembangunan KEK Jadi Program Unggulan dan Prioritas KalimantanUtara

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Desember 2016 - 04:54 WIB

Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri
Tiongkok Bidik Indonesia Sebagai Prioritas Investasi Kawasan Industri

INDUSTRY.co.id - Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie mengharapkan dukungan Wakil Presiden, Yusuf Kalla soal rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Kaltara.

"Masalah akselerasi KEK di Kaltara akan dibahas di Kementerian Perindustrian makanya mengharapkan peran Wapres Yusuf Kalla untuk membantu realisasinya," kata Gubernur Kaltara melalui keterangan pers yang disampaikan Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Kamis (22/12)

Ia juga mengharapkan, Yusuf Kalla bersedia mengunjungi provinsi ke-34 tersebut untuk melihat langsung kondisi atau potret wilayah perbatasan yang masih banyak ketertinggalan.

Pembangunan KEK menjadi program unggulan dan prioritas Pemprov Kaltara maka perlu adanya kerjasama dan dukungan pemerintah pusat agar berjalan dengan baik dan lancar.

Pemerintah pusat telah menetapkan tujuh KEK baru yang semuanya dibangun di luar Pulau Jawa yaitu akan dibangun di Sorong (Papua), Merauke, Maluku, Sulsel, NTT, Kaltara dan Kalbar.

Sekaitan dengan rencana pembangunan KEK di Kaltara, pemerintah pusat telah meminta pemprov di daerah itu untuk segera menyediakan legalitas lahan yang akan digunakan agar tidak ada permasalahan yang dapat menghambat proses pembangunannya.

Pembangunan KEK di provinsi itu diwacanakan berada dalam lokasi Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan.

Irianto Lambrie menegaskan, segala persiapan yang dibutuhkan akan dirampungkan akhir Desember 2016 terutama legalitas lahan dimana pemkab Bulungan telah menghibahkan lahan sekitar 300 hektar termasuk studi kelayakannya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…