IKM Siap Pasok Komponen Pendukung Kendaraan Pedesaan

Oleh : Ridwan | Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:01 WIB

Menteri Airlangga: Lima Perusahaan Sudah Siap Produksi Kendaraan Pedesaan (Foto Ridwan)
Menteri Airlangga: Lima Perusahaan Sudah Siap Produksi Kendaraan Pedesaan (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah saat ini terus mendorong program pengembangan kendaraan pedesaan. Upaya ini dimaksudkan untuk kemandirian penguasaan teknologi kendaraan oleh anak bangsa serta dapat membantu meningkatkan perekonomian di pedesaan dengan menyiapkan alat transportasi yang produktif, laik jalan dan harga yang terjangkau.

Konsep kendaraan pedesaan tersebut berupa prototype yang didesain sedemikian ruoa dengan tujuan memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terutama oleh IKM.

"Kendaraan pedesaan ini adalah kendaraan dalam negeri. Kita dari IKM akan siapkan komponennya," ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Ia menambahkan, Kalau program ini sudah siap dan sudah bisa jalan, tahun depan kita dari Ditjen IKM punya program IKM Terpadu. "Dalam IKM Terpadu nanti yang kita ambil adalah produk kelapa. Nantinya kendaraan pedesaan ini bisa mengangkut kelapa keluar dan sekaligus bisa mengupas kelapa di kendaraan tersebut, kemudian batok kelapanya nanti kita buat kerajinan," terang Gati.

Oleh karena itu, lanjut Gati, saya bilang ini program yang terintegrasi. Judul programnya nanti adalah Kelapa Terpadu. "Jadi disisni kita mengaplikasikan pohon industri yang sudah dibuat oleh Alm. Bapak Hartarto," ujarnya.

Lebih lanjut, Gati menjelaskan, untuk awalnya Kita bentuk dari material centernya terlebih dahulu. Sementara untuk keberlangsungan bahan baku dari teman-teman komponen, kita kerja sama dengan PT krakatau Steel (KS).

"KS akan mensuplai bahan baku untuk pembuatan  komponen-komponen ikm dalam rangka pembangunan kendaraan pedesaan tersebut," imbuh Gati.

Gati melanjutkan, kedepannya kita akan rangkul Kementerian-Kementerian lain seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa untuk mempromosikan kendaraan pedesaan ini. "Selain itu, kita kan punya Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten. Nantinya Kabuoaten atau Kota itu kita dorong untuk beli. Kita alokasikan sebagian DAK untuk beli ini," ucap Gati.

Menurut Gati, saat ini IKM sudah siap untuk memasok komponen pendukung kendaraan pedesaan. "Kita sudah siap untuk pasok komponen pendukungnya dan juga after sales service nya, tetapi kalau casis dan engine-nya itu industri besar yang akan produksi. IKM bisa ikutan di komponen dan karoseri-nya saja," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…