IKM Siap Pasok Komponen Pendukung Kendaraan Pedesaan

Oleh : Ridwan | Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:01 WIB

Menteri Airlangga: Lima Perusahaan Sudah Siap Produksi Kendaraan Pedesaan (Foto Ridwan)
Menteri Airlangga: Lima Perusahaan Sudah Siap Produksi Kendaraan Pedesaan (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah saat ini terus mendorong program pengembangan kendaraan pedesaan. Upaya ini dimaksudkan untuk kemandirian penguasaan teknologi kendaraan oleh anak bangsa serta dapat membantu meningkatkan perekonomian di pedesaan dengan menyiapkan alat transportasi yang produktif, laik jalan dan harga yang terjangkau.

Konsep kendaraan pedesaan tersebut berupa prototype yang didesain sedemikian ruoa dengan tujuan memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terutama oleh IKM.

"Kendaraan pedesaan ini adalah kendaraan dalam negeri. Kita dari IKM akan siapkan komponennya," ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Ia menambahkan, Kalau program ini sudah siap dan sudah bisa jalan, tahun depan kita dari Ditjen IKM punya program IKM Terpadu. "Dalam IKM Terpadu nanti yang kita ambil adalah produk kelapa. Nantinya kendaraan pedesaan ini bisa mengangkut kelapa keluar dan sekaligus bisa mengupas kelapa di kendaraan tersebut, kemudian batok kelapanya nanti kita buat kerajinan," terang Gati.

Oleh karena itu, lanjut Gati, saya bilang ini program yang terintegrasi. Judul programnya nanti adalah Kelapa Terpadu. "Jadi disisni kita mengaplikasikan pohon industri yang sudah dibuat oleh Alm. Bapak Hartarto," ujarnya.

Lebih lanjut, Gati menjelaskan, untuk awalnya Kita bentuk dari material centernya terlebih dahulu. Sementara untuk keberlangsungan bahan baku dari teman-teman komponen, kita kerja sama dengan PT krakatau Steel (KS).

"KS akan mensuplai bahan baku untuk pembuatan  komponen-komponen ikm dalam rangka pembangunan kendaraan pedesaan tersebut," imbuh Gati.

Gati melanjutkan, kedepannya kita akan rangkul Kementerian-Kementerian lain seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa untuk mempromosikan kendaraan pedesaan ini. "Selain itu, kita kan punya Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten. Nantinya Kabuoaten atau Kota itu kita dorong untuk beli. Kita alokasikan sebagian DAK untuk beli ini," ucap Gati.

Menurut Gati, saat ini IKM sudah siap untuk memasok komponen pendukung kendaraan pedesaan. "Kita sudah siap untuk pasok komponen pendukungnya dan juga after sales service nya, tetapi kalau casis dan engine-nya itu industri besar yang akan produksi. IKM bisa ikutan di komponen dan karoseri-nya saja," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Kamis, 21 September 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Tawarkan Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia menawarkan pelatihan bagi calon personel pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa agar ada standarisasi untuk menjaga perdamaian…