Potensi Wakaf Jadi Incaran Asuransi Syariah

Oleh : Wiyanto | Selasa, 29 Agustus 2017 - 16:52 WIB

BCA Syariah (Foto Ist)
BCA Syariah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Produk asuransi syariah sektor wakaf sedang  dikembangkan oleh industri. Mengingat pasar Indonesia sangat besar dan potensi wakaf juga demikian. Asuransi wakaf diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat.

"Saya tambahkan, saya turut bidani, waktu itu wakaf permintaan anggota, memberikan manfaat maslahat umat selain tabungan wakaf," kata Srikandi Utami, Sekjen Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Ia menjelaskan dana premi untuk investasi wakaf kata dia, maksimal 45 persen pada tahun pertama dan kedua. Asuransi wakaf ini dikerjasmakan dengan nazir pada Badan Wakaf Indonesia (BWI).

"Salah satu anggota kami coba pasarkan asuransi berfitur wakaf. Namun terbatas bekerjasama dengn nazir. Tapi bisa mengkayakakan dana nasabah," jelas dia.

Diketahui, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional /Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menginginkan modal  para pengusaha rintisan (startup) di industri halal dapat berasal dari pemanfaatan uang wakaf.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:37 WIB

Standard Chartered Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen. Pertumbuhan tersebut didorong oleh berlanjutnya proyek infrastruktur pemerintah, pemulihan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:35 WIB

Bambang Tribaroto, Juru Bicara Bank BRI yang Baru

Jakarta-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pergantian Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan. Sebelumnya, posisi ini dijabat oleh Hari Siaga Amijarso sejak Oktober 2015. Bambang…

Proyek KA Bandara Soekarno Hatta (Ist)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:15 WIB

Kemenhub Pastikan 13 Proyek KA Siap Beroperasi Tahun Ini

Sebanyak 13 proyek kereta api siap beroperasi sepanjang 2018 sebagai upaya percepatan kinerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Menteri PANRB, Asman Abnur.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:12 WIB

Ini Fokus Kinerja Kemenpan RB di 2018

Jakarta Sejumlah program kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2018 fokus pada 6 hal yang menjadi resolusi yang tidak lepas dari nilai-nilai organisasi…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Senin, 22 Januari 2018 - 20:05 WIB

Menkeu Setuju Penerimaan PNS 37 Ribu

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 37 ribu sudah cukup baik.