Perhelatan Akbar Tanjung Lesung Festival Akan Segera di Gelar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:02 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY co.id -Tanjung Lesung - Kick-off rangkaian perhelatan akbar Tanjung Lesung Festival menjadi momen penting dengan digelarnya Familiarization Trip (Fam Trip) yang memperkenalkan trek gelaran olahraga petualangan Rhino Cross Triathlon di kawasan Tanjung Lesung.

"Lintasan medan off-road dan perairan laut yang melewati keindahan dan tantangan alam dirancang khusus untuk menjadi medan kompetisi tiga olahraga yaitu renang, balap sepeda dan lari. Untuk ajang MTB XC Marathon berjarak 16 kilometer dalam satu putaran," ujar Event Director Tense Manalu.

"Sementara, Sunset Trail Run memiliki jarak sejauh 17 kilometer. Untuk Rhino Cross Triathlon terdiri dari; panjang lintasan renang 500 meter dan 1000 meter, rute sepeda 10 kilometer untuk satu putaran, dan rute lari 5 kilometer untuk satu putaran," tambahnya.

Ia mengatakan, seluruh lintasan berada di kawasan Tanjung Lesung, meliputi area Beach Club, Mercu Suar, Sailing Club, Blue Fish, Bukit Mundi, Jalan Arteri, Desa Kalicaa, Pantai Bodur, dan Golf Land.

Tense menjelaskan, medan yang dilalui dalam ketiga mata lomba tersebut meliputi tanah, pasir pantai, perbatuan karang, persawahan, perkebunan, hutan pantai dan perbukitan. Terdapat single track sekitar 70%.

Peserta akan menyusuri pesisir dan hutan pantai kurang lebih 60% dari total jarak. Elevasi tertinggi medan rute yang dilalui kurang lebih 35 meter. Secara keseluruhan variasi medan tersebut cukup menantang dan mengasyikkan dengan pemandangan alamnya yang begitu eksotis.

"Gelaran Rhino X-Tri yang diklaim sebagai cross triathlon pertama di Indonesia ini memang memiliki misi untuk mempopulerkan sekaligus menginspirasi olahraga cross triathlon di Indonesia," tutupnya.

Managing Director pengelola KEK Tanjung Lesung, PT. Banten West Java, Rully Lasahido mengatakan, pihaknya sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus, berkomtimen kuat untuk menghadirkan kegiatan yang dapat meningkatkan awareness atas keberadaan KEK Tanjung Lesung yang telah di resmikan oleh Presiden RI pada tahun 2015.

"Khusus untuk tahun 2017, Tanjung Lesung mengusung tema “Sport & Adventure”. Dan pada bulan September ini, Tanjung Lesung akan menggagas “Dive Centre” yang akan menjadi icon baru aktivitas di kawasan ini," ungkapnya.

Selain menggelar fam trip, KEK Tanjung Lesung juga menghelat penanaman simbolis pohon butun di area Beach Club sebagai bentuk dukungan upaya perlindungan alam Banten. Pohon butun dikenal sebagai tanaman khas daerah Ujung Kulon.

Penggagas kegiatan sekaligus Ketua Pramuka Kwartir Ranting Sumur Pandeglang, Ramli Idris Spd. Menjelaskan, program ini pertama kali digagas di Ujung Kulon dimana setiap pengunjung diminta menjadi pengadopsi pohon butun untuk konservasi.

"Tanjung Lesung dalam rangka perhelatan Tanjung Lesung Festival turut serta mendukung program ini dengan mengupayakan kegiatan menanam pohon butun di sepanjang pantai Tanjung Lesung sampai ke Ujung Kulon," jelasnya.

Tanjung Lesung Festival tahun 2017 yang berlangsung pada 22-24 September 2017 ini adalah agenda tahunan yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan KEK Tanjung Lesung serta PT Banten West Java sebagai pengelola kawasan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…