Dukung Pertumbuhan UMKM, UangTeman Mantapkan Diri Bangun Negri

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Agustus 2017 - 05:56 WIB

UangTeman Dukung Pengembangan UKM di Bandung
UangTeman Dukung Pengembangan UKM di Bandung

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pelopor pinjaman berbasis teknologi (financial technology/fintech) di Indonesia, UangTeman di bawah naungan PT Digital Alpha Indonesia semakin memantapkan peranya untuk membangun negri dengan mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Perusahaan fintech yang dinahkodai Aidil Zukifli ini mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan memberikan pinjaman dana bagi pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk memperoleh pinjaman kepada nasabah dalam waktu hanya 15 menit dari waktu pengajuan. Hanya dengan mengunggah foto selfie dan kartu identitas maka nasabah akan mendapatkan kepastian untuk diberikan pinjaman.

Saat ini UangTeman juga memberikan gratis biaya layanan atau berikan biaya layanan 0%. Program ini, hanya berlaku untuk pinjaman pertama di UangTeman dengan memasukkan kode promo: NOLPERSENPR Adapun masa berlaku kode promo mulai tanggal 18 Agustus 2017 hingga 18 September 2017

Berdiri sejak bulan April 2015 lalu, UangTeman menawarkan kemudahan mendapatkan pinjaman tanpa agunan dengan jangka waktu tidak lebih dari 30 hari. Besaran pinjaman pun lumayan besar yakni Rp 4 juta dengan catatan hanya bisa meminjam tidak lebih dari Rp 2 juta saat pertama kali mengajukan pinjaman.

Head of Public & Government Relations UangTeman, Rimba Laut, mengungkapkan, pertumbuhan UangTeman terus memperlihatkan tren positif. Hingga saat ini UangTeman telah melakukan penyaluran pinjaman melalui ekspansi yangdilakukan di 14 kota di indonesia.

"UangTeman sudah melayani lebih dari 14 kota di seluruh Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Solo, Sidoarjo, Semarang, Bali, Makassar, Palembang, Lampung, Jambi, dan Balikpapan. Penyebaran wilayah layanan ini membuat UangTeman menjadi fintech satu-satunya di Indonesia yang telah melayani hingga luar Pulau Jawa. Sementara di tahun ini kita belum ada rencana penambahan kota lagi dan terus memfokuskan untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah yang ada di seluruh area tersebut." ungkap Rimba saat dihubungi INDUSTRY.co.id, Senin (28/8/2017).

Rimba menambahkan, hinga bulan Agustus 2017 penyerapan pinyaman yang diberikan oleh UangTeman terus memperlihatkan tren pertumbuhan yang positif. "Hingga akhir tahun 2017 kami menargetkan total penyaluran pinjaman sebesar Rp 100 miliar. Bicara angka pastinya yang sudah disalurkan per Agustus masih terlalu dini karena bulan ini belum berakhir. Akan tetapi trennya terus memperlihatkan pertumbuhan yang sangat signifikan tiap bulannya pada tahun ini," ungkapnya.

Selama ini, sekitar 30% jumlah dana pinjaman yang diserap oleh nasabah UangTeman digunakan untuk usaha-usaha produktif. Banyak pelaku UKM yang merasa terbantu dengan kehadiran UangTeman. Pandangan tersebut memperlihatkan bahwa UangTeman hadir untuk mewujudkan perekonomian masyarakat di Indonesia menjadi lebih baik.

UangTeman juga telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-2970/NB.111/2017, pada bulan 21 Juni 2017. Dengan status terdaftarnya UangTeman di OJK tersebut, menunjukkan bahwa UangTeman memenuhi standar pemerintah sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 mengenai layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto mengapresiasi setiap proses yang dilakukan OJK hingga memberikan tanda bukti terdaftar kepada UangTeman. Bentuk kepercayaan dari pemerintah tersebut, menjadi langkah UangTeman untuk tidak pernah berhenti mewujudkan komitmen dalam memperhatikan aspek perlindungan konsumen dengan menjunjung tinggi integritas maupun kepatuhan terhadap ketentuan hukum di Indonesia.

“Status terdaftarnya UangTeman di OJK akan mampu menumbuhkan kepercayaan semua pemangku kepentingan, khususnya masyarakat secara umum. Hingga akhir tahun ini, kami optimistis dapat menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 100 miliar, naik empat kali lipat dari realisasi di 2016,” kata Rio.

Menjadi sponsor resmi PSM Makassar

Pada 23 Juli 2017 lalu, UangTeman mengumumkan telah menjadi sponsor klub sepak bola PSM Makassar selama satu musim ke depan. Pemilihan klub yang mempunyai julukan Juku Eja tersebut karena dinilai memiliki citra positif di masyarakat, terutama di Makassar.

Penampilan UangTeman sebagai penyemangat baru di klub PSM Makassar mulai hadir perdana pada minggu 23 Juli 2017 dengan memasang logo UangTeman di bagian lengan sebelah kiri pada jersey para pemain.

UangTeman juga memperoleh pendanaan Seri A dengan mengumpulkan total dana sebesar US$ 12 juta atau setara dengan Rp 160,76 miliar. Pendanaan Seri A ini dipimpin oleh K2 Venture Capital Ltd, perusahaan patungan antara SGH yang terdaftar TIH Limited dan Loxbit pcl, anak perusahaan konglomerat Loxley pcl yang terdaftar di Thailand.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.